Sukses

Meneladani Rasulullah, Baca Doa Ini Saat Mencuci Tangan

Liputan6.com, Jakarta - Mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk memotong rantai penularan Covid-19. Siapa sangka, mencuci tangan sendiri sebenarnya merupakan salah satu sunah atau kebiasaan yang selalu dilakukan oleh Rasulullah Muhammad SAW.

Sebagai pribadi yang sangat mencintai kebersihan, Rasulullah berusaha menjaga tangannya selalu bersih. Terutama ketika hendak makan.

Saat mencuci tangan, Rasulullah biasa membaca satu doa yang terdapat dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Sunni dari Abu Hurairah RA.

Berikut doa tersebut:

2 dari 3 halaman

Lafaznya

Alhamdulillahilladzi yuth’imu wala yuth’am manna ‘alaina fa hadana wa ath’amana wa saqana wa kulla bala-in hasanin ablana. Alhamdulillahi ghoira muwadda’in wala mukafain wala makfurin wala mustaghnan ‘anhu. Alhamdulillahillazi ath’ama minat tho’ami wa saqa minas syarabi wa kasa minal ‘uryi wa hada minad dlalalati wa bashshara minal ‘ama wa fadhdlola ‘ala katsirin min kholqihi tafdhilan. Alhamdulillahi rabbil ‘alamin.

 

 

3 dari 3 halaman

Artinya

"Segala puji hanya milik Allah, Dzat yang selalu memberi makanan dan tak pernah diberi makanan, Dzat yang telah memberi anugerah kepada kami, lalu memberi petunjuk, Dzat yang telah memberi makanan dan minuman kepada kami, Dzat yang telah memberikan ujian yang baik kepada kami. Segala puji hanya Allah, dengan pujian yang tidak pernah berakhir, dengan penuh harapan kepada Tuhanku, dengan pujian yang tak tertandingi, pujian yang tak bisa diingkari.

Segala puji hanya milik Allah, Dzat yang telah memberikan makanan dan minuman, Dzat yang telah memberi pakaian kepada hamba yang telanjang, Dzat yang telah memberikan petunjuk dari kesesatan, Dzat yang telah memberikan penglihatan kepada hamba-Nya yang tunanetra, Dzat yang telah memberikan banyak karunia kepada makhluk yang telah dicipta-Nya. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan semesta alam."