Sukses

Doa Setelah Membaca Alquran Lengkap dengan Arti dan Cara Membacanya

Untuk mendapat keutamaan dan keberkahan dari bacaan ayat-ayat Alquran, berikut doa setelah membaca Alquran beserta arti dan cara membacanya.

Liputan6.com, Jakarta Doa setelah membaca Alquran dibaca setelah membaca surah apa saja dalam kitab suci umat Islam tersebut. Dengan melafalkan doa setelah membaca Alquran, diharapkan mendapat berkah dari Allah SWT.

Doa khatam Alquran atau doa setelah membaca Alquran hukumnya sunah atau dianjurkan. Meski sunah, keutamaan yang terkandung dalam doa tersebut sangat besar.

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa berdoa setelah membaca Alquran seseorang akan mendapat amin dari ribuan malaikat.

Nabi Muhammad SAW bersabda dalam sebuah hadis, “Barang siapa telah membaca Alquran (khatam) kemudian dia berdoa, maka ada 4 ribu malaikat yang mengaminkan doanya.” (HR. Ad-Darimi)

Untuk mendapat keutamaan dan keberkahan dari bacaan ayat-ayat Alquran, berikut doa setelah membaca Alquran beserta arti dan cara membacanya.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Doa Setelah Membaca Alquran

Berikut doa yang dibaca setelah membaca kitab suci Alquran:

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Cara membacanya:

Allhummarhamni bilquran. Waj'alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allhumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa 'allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa'atrofannahaar waj'alhu li hujatan ya rabbal 'alamin.

Artinya:

“Ya Allah, rahmatilah aku dengan Alquran. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.