Sukses

Tips Belanja Pakaian Online dari Zaskia Adya Mecca

Liputan6.com, Jakarta - Busana jadi salah satu barang incaran tak sedikit orang, termasuk Zaskia Adya Mecca, di bulan Ramadan. "Aku biasanya beli baju, dan itu sudah dilakukan menjelang Ramadan. Lalu, dua minggu sebelum Lebaran (juga beli baju)," katanya dalam jumpa pers virtual, Senin, 5 April 2021.

Menurutnya, kurang afdal bila Lebaran tidak memakai busana senada dengan anggota keluarga. Berkaca pada kebiasaan ini, Zaskia pun jadi salah satu yang terbiasa belanja kebutuhan fesyen secara online.

Karena tidak bisa lihat langsung, baik secara material maupun pengepasan ukuran, ada trik tertentu yang harus diperhatikan saat belanja online. Pertama, kata Zaskia, lihat dulu pihak penjualnya.

"Terpercaya atau nggak," ucapnya. Kemudian, membaca keterangan. Bila penjual benar-benar kredibel, sambung Zaskia, mereka tidak sekadar memperlihatkan foto yang bagus, tapi juga memberi deskripsi produk secara jelas.

"Aku juga biasa chat langsung buat tanya-tanya barang. Kalau respons penjualnya baik, jadi lebih percaya untuk belanja," kata womanpreneur berusia 33 tahun tersebut.

Terakhir, harus belanja online sesuai kebutuhan. "Harus berhati-hati. Jangan sekadar lihat murah, kemudian langsung beli. Aku sendiri lebih berhati-hati di awal (sebelum transaksi)," imbuh brand ambassador Lazada Indonesia tersebut.

2 dari 4 halaman

Cek Produk Halal

Dalam berbelanja, Zaskia berupaya memenuhi kebutuhan suami dan anak-anaknya yang beda usia. Tapi, kenyamanan sebagai pelanggan Muslim pun tidak diabaikan pemain film Hijab tersebut.

Karenanya, memastikan kehalalan produk juga jadi faktor penting. Mengakomodir kebutuhan pelanggan Muslim seperti Zaskia, e-commerce platform, Lazada, merilis "Lazada Amanah" yang punya fitur Cek Produk Halal.

"Pelanggan tinggal mengetik barang apa yang diinginkan, di kanan atas itu ada fiturnya (Cek Produk Halal). Nanti kelihatan itu produknya sudah punya sertifikasi halal atau belum," kata Vice President of Marketing Lazada Indonesia, Sawitri Hertoto.

Fitur tersebut, sambungnya, terhubung langsung dengan laman resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

3 dari 4 halaman

5 Tips Cegah COVID-19 Saat Beraktivitas dengan Orang Lain

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: