Sukses

Hidup Berkah Penuh Ketenangan, Berikut Manfaat Membaca Shalawat Nabi

Bila mendamba hidup penuh berkah, maka membaca shalawat adalah kuncinya. Hidup akan lebih bermakna, mendapat ketenangan dan mendapat berkah dari Nabi Muhammad SAW.

Liputan6.com, Jakarta Shalawat Nabi mempunyai banyak manfaat bila dibaca oleh seorang muslim. Karena itu merupakan ibadah yang sangat dianjurkan dibaca kapan saja. Dalam kitab suci Alquran, surah An Nisa ayat 86 disebutkan bahwa shalawat Nabi adalah sebentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

وَاِذَا حُيِّيْتُمْ بِتَحِيَّةٍ فَحَيُّوْا بِاَحْسَنَ مِنْهَآ اَوْ رُدُّوْهَا ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ حَسِيْبًا

“Dan apabila kamu dihormati dengan suatu (salam) penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (penghormatan itu, yang sepadan) dengannya. Sungguh, Allah memperhitungkan segala sesuatu,” (QS. An Nisa: 86).

Selain termaktub dalam Alquran, Nabi SAW juga menyebut bahwa shalawat mempunya arti yang sangat besar. Dan itu merupakan kiriman umat Islam kepada kekasihnya, yaitu nabi akhir zaman yang akan memberi syafaat di hari akhir kelak.

Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian menjadikan rumah-rumah kalian kuburan dan janganlah kalian menjadikan kuburanku sebagai tempat perayaan, bershalawatlah kepadaku karena sesungguhnya ucapan shalawat kalian akan sampai kepadaku di manapun kalian berada.”

 

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Shalawat Nabi

Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak sepuluh kali, serta menghapus sepuluh kejelekannya."

Bila mendamba hidup penuh berkah, maka membaca shalawat adalah kuncinya. Hidup akan lebih bermakna, mendapat ketenangan dan mendapat berkah dari Nabi Muhammad SAW.

Berikut sejumlah manfaat dan keutamaan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

- Menghilangkan kesedihan

Hidup tidak bisa luput dari persoalan. Baik persoalan berat, ringan maupun sedang. Namun, bila menyertai keseharian dengan membaca shalawat, maka hidup akan lebih bahagia.

- Rasa Cinta kepada Nabi Muhammad

Membaca shalawat termasuk dalam hak yang harus ditunaikan oleh umat Islam kepada junjungannya, Nabi Muhammad SAW.

- Mendapat Kebahagiaan

Siapa tak mau mendapat kebahagiaan dalam hidup. Maka baca lah shalawat dalam hari-hari. Sehingga mendapat ketenangan jiwa dan merakan manisnya imam kepada Allah.

- Memudahkan Terkabulnya Doa

Di antara makna shalawat adalah doa, maka bila ingin doa cepat terkabul oleh Allah, maka bacaan shalawat harus dibaca sebelum memanjatkan keinginan kepada Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.