Sukses

3 Cara agar Berat Badan Tak Melonjak Setelah Lebaran Tanpa Olahraga

Ada beberapa pilihan aktivitas yang bisa Anda lakukan. Aktivitas sederhana ini juga sekaligus menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Berat badan melonjak selepas Lebaran adalah salah satu yang dikeluhkan beberapa orang. Konsumsi makanan lezat selama Lebaran memang bisa memicu bobot bertambah. Namun ada cara untuk mencegah berat badan melonjak tanpa olahraga.

Ada beberapa pilihan aktivitas yang bisa Anda lakukan. Aktivitas sederhana ini juga sekaligus menurunkan berat badan.

Melansir laman Daily Star, aktivitas tanpa olahraga yang membuat badan tetap terkontrol pun mampu menyingkirkan lemak perut.

1. Bersih-bersih rumah

Studi yang dilakukan Good Housekeeping Institute menemukan, orang cenderung membakar 600 kalori setelah dua jam bersih-bersih rumah. Hal ini mencegah berat badan bertambah.

Pekerjaan rumah tangga yang intens, seperti membersihkan jendela dan menggosok lantai kamar mandi bisa membuat Anda dalam kondisi fit.

Studi ini menemukan mengelap jendela adalah tugas yang paling melelahkan. Para peserta membakar rata-rata 115 kalori dalam waktu 20 menit.

Menggosok lantai kamar mandi dapat membakar rata-rata 100 kalori. Sementara itu, membersihkan debu di berbagai peralatan dan sudut-sudut rumah selama 40 menit membakar hampir 200 kalori. Tak heran, aktivitas sederhana ini tak membuat berat badan bertambah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mandi Air Panas

2. Mandi air panas

Ternyata berendam di dalam bak mandi air panas bisa membantu Anda menurunkan berat badan. Sebuah studi dari Loughborough University menyelidiki efek mandi air panas terhadap kontrol gula darah.

Peneliti juga melacak berapa banyak kalori yang terbakar ketika para peserta berendam air panas.

Peserta dibagi menjadi dua kelompok--satu di antaranya berendam santai di pemandian 40 derajat selama satu jam, sedangkan peserta lain bersepeda.

Para peneliti mengukur berapa banyak kalori yang dibakar para pria dan memantau tekanan darah selama 24 jam setelah melakukan setiap percobaan.

Bersepeda membakar lebih banyak kalori, tapi peneliti juga menemukan, mandi selama satu jam membakar kalori setara dengan setengah jam berjalan (yang menghabiskan sekitar 140 kalori)

 

3 dari 3 halaman

Makan makanan berserat

3. Makan lebih banyak serat

Produk kaya serat, termasuk bubur, alpukat, dan ubi bisa bermanfaat untuk tubuh.

Menurut influencer kebugaran, Maeve Madden, makanan ini membantu mengurangi kembung.

“Makan lebih banyak makanan kaya serat menjadi cara yang efektif untuk mengendalikan berat badan.

"Serat tidak memiliki sifat pembakaran lemak, tetapi dapat membantu Anda merasa kenyang dalam jumlah yang jauh lebih kecil. Ini membuat merasa kenyang lebih lama," paparnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini