Sukses

Larangan Mudik Bikin Trafik Layanan Telkomsel Melonjak

Imbauan untuk tidak melakukan mudik pada Idul Fitri ternyata berpengaruh pada peningkatan trafik layanan data di wilayah yang biasanya ditinggal masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Operator seluler Telkomsel mencatat adanya lonjakan trafik layanan data selama Ramadan dan Idul Fitri 2020.

Menurut catatan Telkomsel, pemanfaatan layanan berbasis tertinggi mencapai 26,7 petabyte atau meningkat sebesar 22,8 persen dibandingkan hari normal di tahun ini.

Telkomsel mengungkap sepanjang momen Ramadan dan Idul Fitri ini, wilayah operasional di Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Utara, dan Jawa Barat mengalami peningkatan penggunaan layanan data dengan pertumbuhan tertinggi. Catatan menunjukkan pertumbuhan mencapai sekitar 35 persen dari hari biasa.

Selain itu, dengan imbauan untuk tidak melakukan mudik pada Idul Fitri 2020, ternyata berpengaruh pada peningkatan trafik layanan data di wilayah yang biasanya ditinggal masyarakatnya untuk pulang ke kampung halaman, seperti Jabodetabek.

Berdasarkan catatan, trafik layanan data di Jabodetabek melonjak sekitar 60,9 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komunikasi Berbasis Data

"Kami memahami bahwa momen Lebaran tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, di mana kali ini berlangsung di tengah masa yang penuh dengan tantangan di masa pandemi COVID-19, sehingga cukup mengubah cara masyarakat dalam merayakannya," tutur Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (28/5/2020).

Sementara daerah yang menjadi destinasi mudik dan biasanya banyak menerima pelanggan dari wilayah lain di masa Ramadan adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur mengalami penurunan kedatangan pelanggan.

Telkomsel mencatat penurunan itu ada sebesar -83 persen untuk wilayah Jawa Tengah, -77 persen untuk Jawa Barat, dan -83 persen untuk Jawa Timur.

Selain itu, pada Hari Raya Idul Fitri 2020, pelanggan juga lebih banyak memanfaatkan layanan komunikasi berbasis data sehingga ada kenaikan sebesar 75,4 persen.

3 dari 3 halaman

Layanan yang Banyak Diakses Pelanggan Telkomsel

Adapun layanan lain yang juga mengalami peningkatan adalah penyedia video streaming dengan persentase 13,8 persen dan mobile gaming mencatat kenaikan 83,7 persen.

Kedua layanan ini banyak dimanfaatkan pelanggan untuk mengisi waktu selama beraktivitas maupun bersilaturahmi di rumah saat Lebaran.

Sementara untuk lima aplikasi yang paling banyak diakses pelanggan adalah YouTube, Facebook, WhatsApp, Instagram dan Google Services.

Adapun platform media sosial secara keseluruhan menjadi layanan berbasis data yang paling sering diakses pelanggan, dengan proporsi 30,8 persen dari total jenis layanan data selama Ramadan dan Idul Fitri 2020.

Di sisi lain, layanan suara dan SMS mengalami penurunan trafik apabila dibandingkan hari normal. Trafik layanan suara turun sebesar -0,9 persen menjadi 1,1 miliar menit, sedangkan trafik layanan SMS turun -12,1 persen menjadi 495 juta SMS.

Penurunan ini tidak lepas dari adopsi masyarakat untuk memanfaatkan layanan broadband dan digital, khususnya dengan gaya hidup baru yang mendukung produktivitas di rumah selama pandemi Covid-19 saat ini.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini