Sukses

Tata Cara Salat Tasbih untuk Tentramkan Hati dan Gugurkan Dosa

Bertasbih merupakan amalan yang disukai Allah SWT.

Liputan6.com, Jakarta Salat tasbih merupakan salah satu salat sunah yang istimewa. Tak seperti salat sunah lainnya, dalam tata cara salat tasbih, disisipkan bacaan tasbih sebanyak 300 kali. Salat sunah ini diyakini dapat menentramkan hati dan pikiran.

Mengamalkan tata cara salat tasbih bisa menjadi amalan rutin setiap harinya. Bacaan tasbih pada salat ini dibaca saat ruku, itidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan tasyahud. Bagi Anda yang ingin melakukan ibadah sunah ini, penting memahami tata cara salat tasbih. Tata cara salat tasbih meliputi niat, bacaan tasbih, dan doa yang dipanjatkan.

Dengan salat tasbih, Anda bisa lebih mendekatkan diri pada Allah SWT. Salat tasbih juga memiliki berbagai keutamaan jika dikerjakan. Berikut tata cara salat tasbih dan keutamaanya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (29/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Keutamaan salat tasbih

Salat tasbih merupakan salat sunah yang bisa membuat hati jadi lebih tenang dan tenteram. Salat tasbih juga dipercaya dapat membantu menggugurkan dosa, menghindarkan diri dari penyakit-penyakit berbahaya, mendekatkan diri kepada Allah, dan memberatkan amal timbangan baik.

Salat tasbih juga dapat memberikan keringanan bagi kita untuk menghadapi segala macam cobaan. Dengan mengucapkan tasbih selama salat, Anda secara langsung telah mengamalkan amal baik yang disukai Allah.

3 dari 6 halaman

Waktu dan rakaat salat tasbih

Salat tasbih bisa dilakukan kapan saja, kecuali pada waktu yang diharamkan untuk salat. Salat tasbih umumnya dikerjakan sebanyak empat rakaat secara sendiri-sendiri atau tidak berjamaah.

Jika dilakukan siang hari atau sesudah salat duhur, dianjurkan untuk mengerjakan 4 rakaat dengan satu salam. Jika dilakukan pada malam hari, dianjurkan untuk melakukan salat tasbih sebanyak 4 rakaat dengan dua salam.

4 dari 6 halaman

Bacaan tasbih pada Salat Tasbih

Dalam setiap satu rakaat total ada 75 kalimat tasbih yang diucapkan. Rinciannya adalah: 15 bacaan tasbih saat berdiri, 10 kali bacaan tasbih saat rukuk, 10 kali bacaan tasbih Itidal, 10 kali bacaan tasbih saat sujud (dikali 2 sujud jadi 20) , 10 kali bacaan tasbih di antara dua sujud, dan 10 bacaan tasbih saat tasyahud akhir. Bacaan tasbih yang dibaca berbunyi:

Subhanallah, Walhamdulillah, walaa ilaaha illa allah, wallahu akbar

Artinya : Maha suci Allah dan segala puji bagi Allah tiada Tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.

5 dari 6 halaman

Tata cara salat tasbih

1. Niat

Pada siang hari (4 rakaan dengan satu salam)

Ushalli sunnatat tasbihi rak'ataini lillahi ta'ala

Artinya : Aku niat sholat tasbih empat rakaat karena Allah Ta'ala."

Pada malam hari (4 rakaan dua salam)

Usholli sunnatat tasbihi rak'ataini lillahi ta'ala

Artinya : Aku niat sholat tasbih dua rakaat karena Allah Ta'ala."

2. Takbiratul Ihram

3. Membaca doa Iftitah

4. Membaca doa Al Fatihah

5. Membaca Surat Al Quran

Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 15 kali

6. Rukuk dengan membaca bacaan rukuk

Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali

7. Itidal dengan membaca bacaan Itidal

Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali

8. Sujud dengan membaca bacaan sujud

Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali

9. Duduk di antara dua sujud dengan bacaannya

Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali

10. Sujud kedua kali

Dilanjutkan dengan membaca tasbih sebanyak 10 kali

Sebelum berdiri untuk melanjutkan ke rakaat kedua, duduklah sebentar dan bacalah bacaan tasbih kembali sebanyak 10 kali.

11. Berdiri mengerjakan rakaat kedua

Tetap mengulangi bacaan seperti yang dilakukan pada rakaat pertama

12. Duduk Tasyhud Akhir

Pada saat duduk tasyahud akhir, membaca tasbih dilakukan terlebih dahulu sebelum membaca doa tasyahud akhir.

13. Salam

6 dari 6 halaman

Manfaat bertasbih pada Allah

Memberatkan timbangan amal baik di akhirat

Bertasbih pada Allah dipercaya mampu memberatkan timbangan amal baik di akhirat. Jika rajin membaca tasbih maka timbangan amal baik Anda akan diberatkan.

" Rasulullah bersabda, ada dua kalimat yang keduanya ringan diucapkan di lidah namun memberatkan timbangan amal baik dan keduanya disukai oleh ar-Rahman, yaitu Subhanallahi wa bi hamdihi subhanallahil azhim’." (HR. Bukhari dan Muslim)

Tasbih adalah kalimat terbaik di sisi Allah SWT

Satu kali, Rasulullah SAW ditanya oleh sahabat tentang ucapan yang paling baik. Beliau menjawab, 'Yang diperintah Allah SWT kepada para malaikat-Nya dan hamba-Nya adalah ucapan Subhanallahi wa bihamdihi’. (HR. Muslim)

Menggugurkan dosa

" Rasulullah bersabda, barangsiapa yang mengucapkan Subhanallahi wa bi hamdihi 100 kali, maka Allah hapuskan kesalahan meskipun kesalahannya itu sebanyak buih lautan." (HR. Bukhari dan Muslim)

Memiliki tabungan berupa kebun kurma di surga

" Barangsiapa yang mengucapkan Subhanallahil azhimi wa bi hamdihi, maka ditanamkan baginya satu pohon kurma di surga." (HR. at-Tirmidzi)

Senjata menghadapi krisis pangan di akhir zaman

Saat di zaman akhir kelak, kalimat tasbih bagaikan makanan yang bergizi dan menyehatkan bagi umat Muslim.

" Rasulullah bersabda, makanan orang beriman pada zaman munculnya Dajjal adalah makanan para malaikat, yaitu tasbih dan taqdis. Maka barangsiapa yang ucapannya pada saat itu adalah tasbih, maka Allah akan menghilangkan darinya kelaparan." (HR. al-Hakim).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.