Sukses

Warga Garut Semarakkan Lebaran 2020 dengan Silaturahmi Virtual

Silaturahmi virtual saat Lebaran Hari Raya Idul Fitri itu dilakukan untuk berkomunikasi dengan keluarga jauhnya di luar kota atau dalam satu kabupaten.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Lebaran Idul Fitri kali ini dirayakan umat Muslim di Kabupaten Garut, Jawa Barat dengan melakukan silaturahmi virtual menggunakan aplikasi khusus telepon seluler.

Silaturahmi virtual tersebut dilakukan untuk berkomunikasi dengan keluarga jauhnya di luar kota atau dalam satu kabupaten guna menyemarakkan perayaan Lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah di tengah pandemi Covid-19.

Misalnya saja yang dilakukan Andri. Ia menggunakan telepon seluler untuk bisa video call dengan keluarga yang berada di beberapa tempat di Kabupaten Garut dan Kabupaten Tasikmalaya.

"Kita silaturahmi dengan keluarga jauh pakai aplikasi Google Duo," kata Andri, seperti dilansir Antara, Senin (25/5/2020).

Kemudian, warga lainnya yang juga bersilaturahmi secara virtual adalah Dani Nuroni. Menurutnya, Lebaran tahun ini menggunakan video call aplikasi WhatsApp untuk menyampaikan selamat Idul Fitri kepada keluarga di Bandung.

"Sementara kita Lebarannya di video call saja untuk menyampaikan maaf kepada orangtua dan keluarga lainnnya," kata Dani di Malangbong, Garut.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Lain Juga Silaturahmi Virtual

Tak hanya mereka, ada pula Ningrum (33), warga Perumahan Malayu Selaras, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut yang juga tidak mudik dan melakukan silaturahmi virtual.

"Ya tahun 2020 ini sangat berbeda, biasanya mudik ke Bandung, tapi sekarang silaturahmi di hari Lebarannya dengan video call melalui handphone (HP)," kata Ningrum.

Ningrum bercerita, biasanya pada tahun-tahun sebelumnya saat Lebaran selalu mudik ikut suami untuk berkumpul bersama keluarga besarnya di Kabupaten Bandung.

Namun, kata dia, karena kondisi pandemi Covid-19 ini, silaturahmi di hari Lebaran ditunda dulu untuk menjaga kesehatan keluarga maupun anggota keluarga lain yang dikunjungi.

"Lebaran di Bandung tahun ini ditunda dulu, sementara pakai handphone untuk menyampaikan minta maaf ke semua keluarga," tutup Ningrum yang merupakan ibu dua anak itu.

Sementara itu, suasana hari pertama Lebaran di Garut terpantau beberapa orang melakukan silaturahmi dengan mengunjungi tetangga dan sanak saudaranya di Garut.

Selain itu, sejumlah warga di Garut juga tampak ramai berziarah ke makam keluarga dan bersalaman dengan sejumlah orang yang ditemuinya di jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.