Sukses

Chef Devina Hermawan Bagikan Resep Nasi Kebuli Rice Cooker untuk Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Besok, Minggu (24/5/2020), semua umat muslim akan merayakan hari raya Idul Fitri atau lebaran. Saat lebaran biasanya banyak menu tersaji.

Tak hanya ketupat, ada beragam kreasi makanan menggugah selera yang bisa disajikan saat lebaran. Salah satunya adalah nasi kebuli.

Mungkin terkesan agak repot untuk membuat nasi khas Timur Tengah tersebut. Tapi tak usah khawatir, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahannya mudah didapat, cukup praktis dan bahkan bisa dibuat dengan rice cooker.

Chef Devina Hermawan membagikan resep nasi kebuli yang relatif mudah karena Anda tinggal menumis dan mencemplungkan bahan-bahan ke dalam penanak nasi, lalu menunggu sampai semuanya matang.

Berikut resep nasi kebuli rice cooker ala chef Devina Hermawan seperti dilansir dari akun Instagram Devina, baru-baru ini.

Bahan-bahan:

600 gram beras long grain

50 ml susu

450 ml air

2 sdm pasta tomat

1 sdm kaldu bubuk

500 gram paha ayam fillet

5 buah cengkeh

12 buah kapulaga

1/2 buah pala

1 batang kayumanis

3 lembar daun salam

Kismis secukupnya

Bawang goreng secukupnya

Bumbu kebuli:

100 ml susu

2 sdm Ghee / minyak samin / margarin

2-3 sdt garam 1 sdm gula.

2 dari 2 halaman

Proses Pembuatan Nasi Kebuli

Haluskan:

6 bawang putih 10 bawang merah 1 bawang bombai kecil 4 cm jahe 5 cabe keriting hijau 3 cabe keriting merah 1-2 sdt ketumbar 1-2 sdt jinten 1-2 sdt lada putih 50 ml minyak goreng

Sambal cuka: 6 buah cabe keriting merah 8-15 buah cabe rawit 2 siung bawang putih 1 sdm cuka 1 sdm gula 1/2 sdt garam 4 sdm air mineral

Pelengkap: Timun dan Emping

Cara membuat:

1. Iris bahan-bahan bumbu halus dan blender bersama dengan minyak sampai halus.

2. Tumis bumbu halus hingga kering dan masukkan ghee dan susu. Berikan bumbu sesuai selera Gunakan setengah dari bumbu halus untuk ayam.

3. Di rice cooker, campur beras, air, susu dan rempah-rempah dengan ayam yang sudah dibumbui dan ditambah pasta tomat dan kaldu ayam. Jangan aduk beras agar matang.

4. Setelah matang, pisahkan ayam dan masukkan bumbu ke dalam nasi. Campurkan dengan kismis dan bawang putih lalu aduk hingga merata.