Sukses

Mau Berhemat Saat Lebaran, Ikuti 3 Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian orang berpikir menyimpan uang itu hal yang sangat sulit, apalagi pada masa Lebaran atau Idul Fitri karena pasti banyak kebutuhan.

Seringkali, tidak ada alasan besar antara apa yang kebanyakan orang dapatkan dan apa yang kebanyakan orang habiskan.

Sebenarnya tanpa menjalankan strategi yang benar, uang yang awalnya akan Anda simpan setelah Lebaran akan cepat dihabiskan dengan mudah.

Jika Anda mencari cara untuk bisa sedikit menghemat, berikut beberapa solusi yang bisa Anda terapkan agar bisa berhemat setelah lebaran, dilansir dari laman Entepreneur, Sabtu (23/5/2020):

1. Langsung Potong atau Auto Debet 

Mungkin cara paling sederhana untuk menabung tanpa memikirkannya adalah dengan membuat rencana tabungan otomatis. Sebagian besar lembaga keuangan memungkinkan Anda mengatur transfer reguler dari rekening giro Anda ke rekening tabungan atau investasi.

Otomasi adalah cara yang bagus untuk menabung karena sulit bagi kebanyakan orang mengingat untuk melakukan setoran tabungan, apalagi menemukan kemauan untuk melakukannya. Transfer otomatis bisa jadi salah satu solusi, apabila Anda lupa menabung setelah Lebaran.

2 dari 3 halaman

2. Berhemat Secara Bertahap

Setelah Anda menjalankan program auto debet, langkah selanjutnya adalah memangkas pengeluaran. Misalnya, jika Anda mendapatkan penghasilan dari Tunjangan Hari Raya (THR), sisihkan sebagian untuk digunakan dan sebagian lagi untuk ditabung untuk persiapan jika Lebaran usai.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan uang pasca lebaran Idul Fitri tahun ini.

 

3 dari 3 halaman

3. Membuat Akses Mengambil Uang Menjadi Sulit

Kenyamanannya luar biasa, dan sebagian besar bank sekarang memungkinkan Anda untuk mengakses dana Anda 24 jam dalam 7 hari, baik melalui panggilan telepon, aplikasi ponsel cerdas atau halaman web. Karena cara terbaik untuk menghemat uang adalah membuatnya sulit untuk dibelanjakan, buat beberapa penghalang antara Anda dan uang Anda.

Salah satu opsi adalah membuka rekening di bank menyimpan dana setelah lebaran lagi. Dengan cara ini, Anda harus pergi ke bank untuk mendapatkan dana Anda. Jika Anda harus bekerja keras untuk mendapatkan uang Anda, itu dapat membantu Anda dari membelanjakan uang itu untuk pembelian yang sembrono.