Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Sabtu 23 Mei 2020, Puasa Tingkatkan Ketakwaan

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Sabtu 23 Mei 2020.

Liputan6.com, Jakarta Menantikan waktu buka puasa memang cukup menyenangkan. Seolah sedang menanti hari kemenangan tiba. Kemenangan menahan haus, lapar, dan hawa nafsu seharian. Menyegerakkannya juga sangat dianjurkan, dengan jadwal buka puasa Sabtu, 23 Mei 2020 tentunya.

Menyegerakan buka puasa termasuk sunnah Rasulullah SAW. Bisa melegakan dahaga lebih awal dan berpahala. Jadwal buka puasa Sabtu, 23 Mei 2020 akan lebih memudahkannya.

Ternyata Al-Quran dan Hadits juga telah memberi petunjuk waktu buka puasa. Namun, kini sudah dimudahkan dengan jadwal buka puasa Sabtu, 23 Mei 2020. Meskipun tidak ada salahnya juga untuk mengetahui asal mulanya waktu ini menurut Islam.

Berikut jadwal buka puasa Sabtu, 23 Mei 2020 dan manfaat puasa Ramadan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (23/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Puasa Tingkatkan Ketakwaan

Spiritualitas

Belajar dari kisah-kisah orang suci dan para nabi bahwa puasa meningkatkan kadar spriritualitas seseorang. Mereka yang berhasil mencapai taraf tersebut akan memiliki fenomena spiritual yang tak dimiliki orang lainnya. Itu sebabnya orang-orang suci, termasuk Rasulullah kerap menyendiri selama beberapa waktu dan hidup seadanya guna meningkatkan daya spiritual mereka.

Bagi umat Muslim, Ramadan tak ubahnya latihan meningkatkan kadar spiritualitas. Hal itu diwujudkan melalui ibadah-ibadah tambahan seperti membaca dan mempelajari Alquran.

Kerendahan hati

Umat Muslim diperintahkan untuk berserah diri sepenuhnya pada Allah dan kehendak-Nya. Bukan tidak mensyukuri nikmat yang telah diberikan atau pun melanggar larangan-Nya. Ini karena manusia semata-mata hanyalah hamba bagi Sang Pencipta dan Pemilik Dunia.

Puasa di Bulan Ramadan menjadi pengingat bagi umat Muslim bahwa mereka sepenuhnya bergantung pada Allah karena Dialah yang Maha Mengabulkan dan Memberi. Hal ini meningkatkan rasa rendah hati dan menambah kepercayaan dan kedekatan pada Allah.

3 dari 4 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Sabtu 23 Mei 2020

Berikut jadwal buka puasa hari ini Sabtu 23 Mei 2020 di Kota Besar Indonesia, dilansir dari Kementerian Agama RI:

Banda Aceh 18:51 WIB

Medan 18:34 WIB

Padang 18:21 WIB

Pekanbaru 18:19 WIB

Palembang 18:00 WIB

Bandung 17:47 WIB

Jakarta 17:47 WIB

Yogyakarta 17:30 WIB

Semarang 17:31 WIB

Surabaya 17:22 WIB

Pontianak 17:46 WIB

Banjarmasin 18:20 WITA

Denpasar 18:10 WITA

Makassar 17:58 WITA

Palu 18:03 WITA

Mataram 18:06 WITA

Kupang 17:34 WITA

Ambon 18:25 WIT

Sorong 18:17 WIT

Jayapura 17:37 WIT

4 dari 4 halaman

Puasa Kuatkan Empati

Menghancurkan Keakuan

Para sufi, orang-orang suci selalu menyebut tentang "peniadaan diri" atau fana. Ini artinya benar-benar menghilangkan nafsu, keinginan, harapan, dan ambisi serta semua pikiran tentang diri dan hanya memikirkan Tuhan. Ketika seseorang telah mampu memurnikan diri, dia akan terbebas dari rasa sedih atau takut dan terus melanjutkan perjalanan menuju Allah.

Puasa dan pengorbanan adalah cara untuk mencapai tingkat menghilangkan keakuan. Alih-alih diri dikuasi oleh ego, memenuhi hawa nafsu, seseorang bergerak berdasarkan keinginan Allah, makan dan bangun pada waktu yang ditentukan-Nya. Ketika seseorang melakukannya demi Allah, tanpa dikotori oleh keserakahan atau keduniawian, dia akan mencapai kedekatan dengan Alalh dan spiritualitasnya meningkat. Inilah jalan yang disebut oleh para sufi dan orang suci.

Empati

Ada sedikit keraguan bahwa seseorang tak bisa benar-benar memahami suatu keadaan hingga dia benar-benar mengalaminya sendiri. Jadi, agar umat Muslim bisa memahami dan merasakan kekurangan, kesulitan, serta duka orang lain di lingkungannya, puasa ditujukan untuk mengembangkan empati bagi sesama.

Praktik ini kemudian akan meningkatkan dorongan bersedekah serta membantu mereka yang tertindas alih-alih meremehkan kondisi mereka.

Karenanya, puasa menjadi bagian penting dalam Islam serta mendatangkan banyak manfaat bagi mereka yang melaksanakannya di Bulan Ramadan dengan konsisten serta ikhlas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini