Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 22 Mei 2020, Kenali Penyebab Lemas Saat Puasa

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 22 Mei 2020.

Liputan6.com, Jakarta Menantikan waktu buka puasa memang cukup menyenangkan. Seolah sedang menanti hari kemenangan tiba. Kemenangan menahan haus, lapar, dan hawa nafsu seharian. Menyegerakkannya juga sangat dianjurkan, dengan jadwal buka puasa Jumat, 22 Mei 2020 tentunya.

Menyegerakan buka puasa termasuk sunnah Rasulullah SAW. Bisa melegakan dahaga lebih awal dan berpahala. Jadwal buka puasa Jumat, 22 Mei 2020 akan lebih memudahkannya.

Ternyata Al-Quran dan Hadits juga telah memberi petunjuk waktu buka puasa. Namun, kini sudah dimudahkan dengan jadwal buka puasa Jumat, 22 Mei 2020. Meskipun tidak ada salahnya juga untuk mengetahui asal mulanya waktu ini menurut Islam.

Berikut jadwal buka puasa Jumat, 22 Mei 2020 dan penyebab lemas saat puasa yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Lemas Saat Puasa

Berlebihan Mengonsumsi Karbohidrat Olahan

Karbohidrat memang sangat bisa menjadi sumber energi dan sumber stamina yang cepat terbentuk. Tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula, yang kemudian akan digunakan untuk bahan bakar. Tetapi bukan berarti juga saat sahur dan buka puasa lantas banyak mengonsumsi karbohidrat olahan ini. Jika terlalu banyak mengonsumsinya, justru akan membuat tubuh menjadi lebih lelah dari biasanya.

Saat gula dan karbohidrat olahan dikonsumsi, keduanya menyebabkan gula darah meningkat dengan cepat. Memang cepat membuat tubuh bertenaga, tetapi masalah barunya justru kadar gula darah juga akan memburuk. Hingga keadaan inilah yang membuat tubuh menjadi lemas saat menjalankan ibadah puasa.

Kualitas Tidur Buruk

Saat akan menjalankan ibadah puasa, memerhatikan waktu tidur juga penting sekali dilakukan apalagi saat puasa di bulan Ramadan. Harus bangun di sepertiga malam terakhir untuk sahur, salat subuh tepat waktu, dan bangun pagi untuk beraktivitas kembali seperti biasa.

Jika kurang tidur pada malam harinya, kebiasaan sahur dan salat subuh sudah pasti kacau. Bangun pagi juga akan sulit dilakukan. Dan saat tubuh kurang tidur yang berarti pula kurang istirahat, sudah pasti tubuh akan menjadi lemas.

Tubuh melakukan banyak hal saat tidur, termasuk menyimpan memori dan melepaskan hormon yang mengatur tingkat metabolisme dan energi tubuh kita. Menurut American Academy of Sleep Medicine and Sleep Research Society, orang dewasa membutuhkan rata-rata 7 jam tidur per malam untuk kesehatan yang optimal.

Setelah tidur malam dengan kualitas tinggi, biasanya pada keesokan harinya akan terbangun dengan perasaan lebih segar, lebih waspada, dan lebih berenergi.

3 dari 4 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Jumat 22 Mei 2020

Berikut jadwal buka puasa hari ini Jumat 22 Mei 2020 di Kota Besar Indonesia, dilansir dari Kementerian Agama RI:

Banda Aceh 18:51 WIB

Medan 18:34 WIB

Padang 18:21 WIB

Pekanbaru 18:18 WIB

Palembang 18:00 WIB

Bandung 17:47 WIB

Jakarta 17:47 WIB

Yogyakarta 17:30 WIB

Semarang 17:31 WIB

Surabaya 17:22 WIB

Pontianak 17:46 WIB

Banjarmasin 18:20 WITA

Denpasar 18:10 WITA

Makassar 17:58 WITA

Palu 18:03 WITA

Mataram 18:06 WITA

Kupang 17:34 WITA

Ambon 18:25 WIT

Sorong 18:17 WIT

Jayapura 17:37 WIT

4 dari 4 halaman

Penyebab Lemas Saat Puasa

Tidak Produktif

Menjadi lebih aktif dan produktif di keesokan hari merupakan salah satu kunci tubuh tidak mengalami kondisi lemas saat puasa. Jangan sampai saat menjalankan ibadah puasa, justru di siang harinya hanya tidur seharian. Kebiasaan terlalu berlebihan beristirahat inilah yang akan membuat tubuh menjadi semakin lemas.

Penelitian juga menunjukkan bahwa berolahraga dapat mengurangi rasa lelah pada orang yang sehat, maupun mereka yang menderita penyakit lain termasuk berpuasa. Saat sedang berpuasa, sebenarnya sangat dianjurkan untuk tetap berolahraga. Tujuannya agar kondisi fisik menjadi lebih bugar. Namun tetap lakukan dengan durasi secukupnya dan intensitas yang tidak memberatkan puasa.

Tidak Cukup Kalori

Mengonsumsi terlalu sedikit kalori juga dapat menyebabkan badan menjadi lemas saat menjalankan ibadah puasa. Tentu saja tubuh menggunakannya untuk bergerak dan memicu proses seperti bernapas dan mempertahankan suhu tubuh agar tetap konstan.

Kebanyakan orang membutuhkan minimal 1.200 kalori per hari untuk mencegah perlambatan metabolismenya. Jadi memenuhi kebutuhan kalori dengan konsumsi karbohidrat ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh saat akan menahan haus dan lapar selama 14 jam.

Ketika tubuh hanya diberi asupan makan dengan terlalu sedikit kalori, metabolisme akan melambat untuk menghemat energi. Hal ini kemudain akan berpotensi menyebabkan kelelahan. Kebutuhan kalori seseorang tergantung pada berat badan, tinggi badan, usia, dan faktor lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.