Sukses

Jelang Lebaran, Ketahui Manfaat Ucapkan Maaf dari Hati Terdalam bagi Kesehatan

Ketika Lebaran tiba, saatnya mengucap maaf pada keluarga, tetangga, rekan dan sahabat.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Lebaran tiba, saatnya mengucap maaf pada keluarga, tetangga, rekan dan sahabat. Bila kata maaf yang terucap benar-benar dihayati dan tulus diuacapkan, akan berdampak positif pada kesehatan.

Seperti kita tahu, meminta maaf membuat hubungan dengan orang lain bisa kembali baik. Jika dulu sempat tegang sekarang membaik. Selain membuat hubungan sosial jadi baik, manfaat minta maaf juga berpengaruh ke kesehatan.

Menurut psikolog klinis, Jeanette Raymond, saat seseorang dengan tulus meminta maaf, stres akan berkurang, tingkat hormon kembali seimbang, dan tingkat energi kembali normal seperti mengutip Everyday Health.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Ucapkan Maaf Jika Hanya di Bibir Saja

Sementara jika meminta maaf hanya di bibir saja, padahal memang memiliki kesalahan, berarti masih menyimpan emosi negatif.

"Permintaan minta maaf yang seperti itu justru membuatnya merasa cemas atau kondisi-kondisi kesehatan yang terkait masalah stres seperti penyakit jantung dan nyeri otot," kata psikilog klinis lain Daniel Watter.

Manfaatkan momen Lebaran kali ini untuk mengucapkan maaf sepenuh hati dan tulus. Selain hubungan, kesehatan Anda pun membaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini