Sukses

Jelang Lebaran, Kartika Putri Sedih Lihat Masyarakat Berjubel Belanja Baju

Liputan6.com, Jakarta - Ada hal yang membuat Kartika Putri sedih sekaligus geram di penghujung Ramadan ini. Kartika Putri sepertinya sudah terlampau kesal dengan perilaku masyarakat Indonesia di beberapa tempat yang tidak mengindahkan PSBB.

Apalagi, tujuan orang-orang di pusat-pusat perbelanjaan itu hanya untuk berbelanja Lebaran. Kartika Putri pun menumpahkan keluh kesahnya ke Instagramnya pada Selasa (19/5/2020). Menurutnya, Lebaran bukan hanya soal memakai baju baru.

"Saudara-saudariku sekalian sesama muslim, saya juga tahu, saya juga alhamdulillah menjadi seorang muslim juga dan akan merayakan insya Allah jika diberikan umur panjang akan merayakan idul Fitri 1 minggu lagi," kata Kartika Putri mengawali videonya.

"Memang di Idul Fitri dianjurkan untuk kita menggunakan pakaian terbaik. Ingat pakaian terbaik, bukan yang terbaru. Yang saya bikin miris adalah kalian mengabaikan anjuran pemerintah untuk keselamatan diri kalian sendiri dan keluarga kalian, demi untuk baju baru dan membahayakan banyak jiwa kami," lanjut Kartika Putri.

 

2 dari 5 halaman

Membandingkan

Terlihat, selama menyampaikan tanggapannya itu Kartika Putri tampak membendung air mataya. Kartika Putri kemudian membandingkannya dengan para tenaga medis yang tengah berjuang mati-matian melawan Corona Covid-19.

"Saya cuma ingin bertanya kepada kalian semua yang pergi ke pusat perbelanjaan hanya untuk mencari baju lebaran, apakah kalian pernah berfikir atau terbesit di benak kalian bahwa berpikir nasib tenaga kesehatan atau tim medis kita lebaran nanti akan menggunakan APD lengkap hanya untuk menolong menyelamatkan jiwa kita semua," tanya Kartika Putri.

 

3 dari 5 halaman

Tim Medis

"Apakah kalian juga memiliki sedikit empati atau hati nurani melihat banyak sekali tim medis dan kesehatan yang sudah berguguran dan apakah kalian juga bisa merasakan perasaan keluarga mereka yang akan merayakan lebaran tahun ini tanpa keluarganya," sambungnya.

 

4 dari 5 halaman

Berpikir

 Kartika Putri mengajak masyarakat untuk berpikir lagi jika ingin meninggalkan rumah ke pusat perbelanjaan demi membeli baju baru.

"Saya udah nggak tahan lagi bikin video ini karena buat saya, saya ingin mengetuk hati nurani kita semua tanpa kecuali siapapun itu tetaplah diam di rumah sampai kondisi benar-benar baik, kondisi benar-benar kembali seperti semula.  Saya hanya mengajak lagi dan lagi untuk semuanya gunakan akal sehat kalian gunakan hati nurani kalian," ungkapnya.

 

5 dari 5 halaman

Lembaran Baru

Sekali lagi, Kartika Putri mengingatkan bahwa momen Lebaran bukan hanya semata tentang mengenakan pakaian baru. Tetapi lebih dari itu, yaitu bagaimana setiap insan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

"Lebaran bukan masalah pakaian baru, lebaran adalah lembaran baru hidup kita untuk menjadi manusia yang jauh lebih baik lagi. Untuk menjadi manusia yang mempunyai hati nurani, manusia yang tidak egois,  manusia yang benar-benar mementingkan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadinya," tegas Kartika Putri.