Sukses

Jurus Pemerintah Amankan Bahan Pangan Jelang Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan skema pengamanan bahan pangan dalam satu pekan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriadi, mengatakan skema tersebut antara lain menjamin ketersedian 11 bahan pangan disetiap provinsi diseluruh Indonesia, yakni beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging kerbau, telur ayam ras, minyak goreng, dan gula pasir.

“Monitor dan pengendalian harga,” kata Agung kepada Liputan6.com, Rabu (20/5/2020).

Lanjutnya, monitor dan pengendalian harga itu sesuai dengan arahan Kementerian pertanian yang akan terus melakukan pemantauan distribusi ketersediaan bahan pangan dengan cermat.

Sebelumnya, ia juga mengatakan Kementerian Pertanian memperkirakan ketersediaan produksi bahan pangan aman hingga Agustus.

2 dari 2 halaman

Lintas Sektoral

Tentunya ia berharap hal tersebut bisa tercapai, dengan cara memonitor distribusi bahan pangan dengan baik. Selain itu, memonitor distribusi bukan hanya tugas dari Kementerian Pertanian, tetapi ini adalah kerja bersama dengan Kementerian terkait seperti koordinasi bersama Kementerian Koordinator Bidang perekonomian, kementrian perdagangan, dan satuan tugas pangan.

Kemudian pengamanan bahan pangan, akan dilakukan pasar murah atau operasi pasar jika diperlukan, demi menjaga bahan pangan menjelang lebaran nanti.