Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Rabu 20 Mei 2020, Lakukan Amalan Sunnahnya

Liputan6.com, Jakarta Waktu buka puasa adalah saat yang paling dinantikan. Setelah menahan haus dan lapar selama 14 jam, penting untuk mengetahui jadwal buka puasa Rabu, 20 Mei 2020. Tentu saja agar bisa menyegerakan buka puasanya.

Menyegerakan buka puasa termasuk sunnah Rasulullah SAW. Bisa melegakan dahaga lebih awal dan berpahala. Jadwal buka puasa Rabu, 20 Mei 2020 akan lebih memudahkannya.

Selain menyegerakan buka puasa, Rasulullah SAW juga suka memulainya dengan kurma. Rasa kurma yang legit dan manis, membuat nafsu makan dapat terkontrol dengan baik. Tidak lengkap rasanya jika sudah mengetahui jadwal buka puasa Rabu, 20 Mei 2020, tetapi tidak melakukan amalan sunnahnya juga.

Berikut jadwal buka puasa Rabu, 20 Mei 2020 dan amalan sunnahnya yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (20/5/2020).

2 dari 4 halaman

Amalan Sunnah Ketika Buka Puasa

Menyegerakan Buka Puasa

Penting untuk mengetahui amalan sunnah yang baik saat buka puasa. Amalan sunnah yang pertama adalah menyegerakan buka puasa. Nabi Muhammad SAW menganjurkan kepada umatnya untuk segera melaksanakan buka puasa atau membatalkan puasa ketika waktu berbuka puasa sudah datang. Hal ini dianjurkan karena berbuka puasa dengan segera mempu memulihkan tubuh yang sudah lemah karena menahan lapar dan dahaga sepanjang hari.

Buka Puasa dengan yang Manis

Amalan sunnah selanjutnya yang baik dilakukan saat buka puasa adalah berbuka dengan yang manis. Salah satunya yakni buka puasa dengan kurma.

Makanan yang manis atau kurma dipercaya mampu lebih cepat untuk mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits sebagai berikut.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘anhu:

كَانَ رَسُو لُ اللِّهِ صَلَّى اللَّهً عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أََنْ يُصَلِّيَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَا تٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَم تَكُنْ حَسَا حَسَواتٍ مِنْ مَاءٍ

Artinya: Adalah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berbuka dengan korma basah (ruthab), jika tidak ada ruthab maka berbuka dengan korma kering (tamr), jika tidak ada tamr maka minum dengan satu tegukan air.

Berdoa Ketika Buka Puasa

Berdoa ketika buka puasa adalah amalan yang penting dan wajib dilakukan sebelum buka puasa agar mendapatkan keberkahan. Berdoa adalah upaya penyerahan diri untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Selain itu, agar mendapatkan keberkahan setelah melaksanakan ibadah puasa seharian.

3 dari 4 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Rabu 20 Mei 2020

Berikut jadwal buka puasa hari ini Rabu 20 Mei 2020 di Kota Besar Indonesia, dilansir dari Kementerian Agama RI:

Banda Aceh 18:50 WIB

Medan 18:34 WIB

Padang 18:21 WIB

Pekanbaru 18:18 WIB

Palembang 18:00 WIB

Bandung 17:47 WIB

Jakarta 17:47 WIB

Yogyakarta 17:30 WIB

Semarang 17:31 WIB

Surabaya 17:22 WIB

Pontianak 17:46 WIB

Banjarmasin 18:20 WITA

Denpasar 18:10 WITA

Makassar 17:58 WITA

Palu 18:03 WITA

Mataram 18:06 WITA

Kupang 17:34 WITA

Ambon 18:25 WIT

Sorong 18:17 WIT

Jayapura 17:37 WIT

4 dari 4 halaman

Amalan Sunnah Ketika Buka Puasa

Tidak Berlebihan saat Buka Puasa

Amalan baik selanjutnya yang baik untuk dilakukan saat buka puasa adalah tidak berlebihan saat buka puasa. Kita sering kali mengonsumsi makanan berlebihan lantaran adanya napsu yang menghampiri. Ini adalah godaan setiap orang yang menjalankan ibadah puasa, yaitu berbuka secara berlebihan. Puasa memang membuat rasa lapar dan juga dahaga, kemudian saat waktu berbuka, rasa ingin memakan dan meminum segala jenis makanan selalu terfikirkan. Namun hal ini tidak baik dilakukan. Selain tidak baik untuk kesehatan, hal ini juga tidak dianjurkan oleh Rasulullah.

Memberi Makan untuk Orang Buka Puasa

Memberi makan untuk orang buka puasa merupakan amalan sunnah selanjutnya yang baik untuk dilakukan ketika buka puasa. Bulan ramadan adalah bulan yang dirahmati oleh Allah SWT. Segala perbuatan yang baik akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Bahkan orang yang memberikan makan buka puasa, pahalanya sama dengan orang yang diberi makan tersebut.