Sukses

WNI di AS Menghina Nabi Muhammad, Ustaz Adi Hidayat Beri Komentar Bijak

Liputan6.com, Jakarta Rasulullah SAW merupakan junjungan umat Islam yang diagungkan. Pribadi dan akhlaknya dikatakan sebagai cerminah dari Al-Quran. Namun, hal ini justru menjadi hal yang dianggap berbeda bagi sebagian orang.

Tidak hanya berbeda pendapat, seorang perempuan membuat pernyataan yang tidak baik terkait Rasulullah SAW dan istrinya Siti Aisyah.

Berikut ulasannya yang dikutip dari akun Instagram @camerapenjurunews.

Hinaan kepada Nabi Muhammad dan Aisyah ini dilontarkan dari seorang perempuan yang diketahui bernama Julie Chaniago. Julie merupakan seorang Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Amerika Serikat.

Dalam video yang beredar luas di masyarakat tersebut, ia mengungkapkan rasa heran atas dipilihnya Aisyah menjadi istri Rasulullah pada usia yang masih belia. Menurut dia, yang terjadi adalah pernikahan antara orang dewasa dan anak-anak.

"Itu kan kenapa Allah memberikan bocah menikmati pria dewasa. Itu ya karena Allah-nya ya Muhammad. Itu hanya cerita Muhammad aja," ungkapnya sembari tertawa.

 

2 dari 3 halaman

Penjelasan Ustaz Adi Hidayat

Mengetahui hal ini, seketika Ustaz Adi Hidayat langsung menanggapi hinaan kepada Rasulullah tersebut. Dalam video tanggapan yang beredar luas, Ustaz Adi Hidayat memberikan contoh RA. Kartini yang usianya juga tergolong masih muda pada saat menjadi seorang istri.

"Saya tanya begini deh, di zaman-zaman dulu ya RA. Kartini berapa usia saat dipingit? Masih belia. Masih belia, kan? Dipingit kemudian baru lantas dinikahi saat usia balig. Sekarang Anda dengan manusia biasa saja tidak bincangkan karena takut dengan manusia. Kenapa Anda berani mencela Rasulullah SAW dengan Sayyidah Aisyah," jelasnya heran.

Ustaz Adi Hidayat juga meminta kepada semua orang agar berhati-hati dalam berbicara apabila tidak mengetahui ilmu atau kisah yang ada di balik sesuatu yang terjadi.

"Kalau enggak paham ilmunya belajar dulu. Khawatir salah ucap, karena itu jangan sembarangan mengatakan sesuatu," tambah Ustaz Adi Hidayat.

3 dari 3 halaman

Hikmah Kisah Nabi Muhammad dan Aisyah

Selain itu, Ustaz Adi Hidayat juga memberikan nasihat terkait dengan kisah Rasulullah dengan istrinya Aisyah. Ustaz menjelaskan, bahwasannya Rasulullah menikahi Aisyah sebagai istrinya pada saat usianya yang telah baligh.

Tidak hanya itu, beberapa tindakan Rasulullah yang kini menjadi sunah yang diturunkan melalui hadis tidak lain lantaran Aisyah seorang istri yang cerdas untuk mengetahui dan meriwayatkan sunah Rasulullah atas hal-hal yang berada di dalam rumahnya.

"Ternyata Aisyah anak yang cerdas. Setelah dewasa, disampaikanlah semua itu. Jadi guru, meriwayatkan hadis-hadis Nabi yang jarang didapatkan di luar rumah, sebab enggak semua orang bisa masuk rumah," jelasnya.

Ia mengatakan bahwa sikap tegas merupakan salah satu tanggapan ketika ada seseorang yang menghina Rasulullah, terlebih Allah. Kendati demikian, doa juga menjadi salah satu hal yang dipanjatkan agar seseorang tersebut dapat diampuni dosanya dan mendapatkan hikmah dari tindakan yang dilakukannya. Karena itu, ia mendoakan orang yang menghina Rasulullah dan Sayyidah Aisyah tersebut agar menyadari kekhilafannya.

(Mutia Anggraini/Merdeka.com)