Sukses

Aplikasi Smartphone untuk Belajar Tajwid

Liputan6.com, Jakarta - Sudah sewajarnya jika seorang Muslim mampu membaca Alquran. Bagi orang Indonesia, boleh jadi membaca Alquran bukan perkara gampang mengingat bahasa dan tulisan Arab di Alquran sama sekali berbeda dengan bahasa Indonesia.

Namun, hambatan itu dapat teratasi jika kita belajar tajwid. Mengutip NU Online, tajwid secara bahasa berasal dari kata "jawwada", yang memiliki arti memperindah atau memperbagus.

Secara istilah, para ulama, salah satunya Imam al-Suyuthi, memberikan pengertian tajwid sebagaimana berikut:

إِعْطَاءُ الْحُرُوفِ حُقُوقَهَا وَتَرْتِيبَهَا وَرَدُّ الْحَرْفِ إِلَى مَخْرَجِهِ وَأَصْلِهِ وَتَلْطِيفُ النُّطْقِ بِهِ عَلَى كَمَالِ هَيْئَتِهِ مِنْ غَيْرِ إِسْرَافٍ وَلَا تَعَسُّفٍ وَلَا إِفْرَاطٍ وَلَا تَكَلُّفٍ.

"Tajwid adalah mengucapkan huruf sesuai hak-haknya dan tertibnya, dan mengembalikannya kepada makhraj dan asalnya, dan melembutkan bacaanya secara sempurna tanpa berlebih-lebihan, serampangan, tergesa-gesa dan dipaksakan."

Melengkapi definisi di atas, Imam al-Jazari menegaskan keharusan membaca ilmu tajwid:

والأخذ بالتّجويد حتم لازم *** من لم يجوّد القرآن آثم لأنّـــه بــه الإلـــه أنـــزلا *** وهكذا منه إلينا وصلا

"Menggunakan tajwid (dalam membaca Alquran) adalah keharusan. Barang siapa yang tidak menggunakan tajwid dalam membaca Alquran maka ia berdosa."

 

2 dari 2 halaman

Aplikasi

Dua pernyataan ulama di atas menekankan pentingnya bagi seorang Muslim untuk belajar ilmu tajwid.

Beruntung, kini belajar ilmu tajwid sangat mudah. Ada beberapa macam Alquran yang dilengkapi dengan penanda tertentu untuk hukum tajwid. Selain itu, ada aplikasi yang membantu memudahkan kita untuk belajar tajwid dan salah satunya ialah aplikasi Belajar Tajwid Lengkap & Audio.

Sesuai namanya, aplikasi ini memuat audio yang diharapkan dapat membantu penggunannya belajar ilmu tajwid. Ketika artikel ini disusun, aplikasi ini telah diunduh lebih dari seratus ribu kali dan mendapatkan penilaian 4,8/5.

Untuk dapat menjalankan aplikasi ini, smartphone mesti menjalankan Android versi 4.2 ke atas. Ukuran aplikasi ini cukup ringan, 10MB saja.

Tampilan antarmuka aplikasinya cukup menarik dengan warna-warni. Kamu akan mendapati hukum nun mati atau tanwin, hukum mim mati, hukum mad, hukum lam, dan sebagainya.

Setiap hukum tajwid disertai dengan pengertian, contoh, dan cara baca yang dapat diputar dengan menekan tombol audio Play. Buat kamu yang mau belajar tajwid, aplikasi ini patut kamu coba.