Sukses

Quraish Shihab: Perbanyaklah Membaca Alquran Jika Ingin Mendapatkan Kesempurnaan

Bukan saja dengan membacanya sesuai tuntunan bacaan Alquran, lanjut Quraish Shihab, tapi juga dilakukan dengan berwudhu dan menghadap ke kiblat.

Liputan6.com, Jakarta Quraish Shihab menjelaskan, bahwa bulan Ramadan disebut juga syahdur quran atau bulannya Alquran. Bukan karena Alquran turun di bulan Ramadan, tetapi karena umatnya dianjurkan untuk banyak membaca dan mempelajari Alquran.

"Jika ingin mendapatkan kesempurnaan dalam berinteraksi dengan Alquran, maka hal pertama yang harus disadari adanya godaan setan," ungkapnya. 

Allah berfirman,"Kalau engkau akan membaca Alquran, maka mohonlah perlindungan dari Allah dari setan yang terkutuk."

Sebagai contoh, setan akan datang kepada mereka yang rajin membaca Alquran untuk menghalanginya membaca. Salah satunya dengan mengantuk atau saat mendengar dering handphone.

"Untuk itu hendaklah kita segera sadar, bahwa Alquran adalah firman-firman Allah yang harus dihormati," kata Quraish Shihab.

Bukan saja dengan membacanya sesuai tuntunan bacaan Alquran, lanjut Quraish Shihab, tapi juga dilakukan dengan berwudhu dan menghadap ke kiblat. 

Selain itu, Alquran bukan hanya sekedar dibaca, tapi juga sebagai bahan peringatan, renungan, dan untuk mengingat Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.