Sukses

7 Tips Aman Konsumsi Hidangan Lebaran Bagi Penderita Diabetes

Perhatikan tips aman konsumsi hidangan lebaran bagi penderita diabetes.

Liputan6.com, Jakarta Bagi penderita diabetes, mengonsumsi hidangan lebaran termasuk impian. Seperti halnya mengonsumsi ketupat. Padahal pada hari biasa mereka tidak boleh mengonsumsi nasi putih. Namun, sebenarnya boleh saja bagi mereka mengonsumsi ketupat. Asalkan tetap memerhatikan tips aman konsumsi hidangan lebaran penderita diabetes.

Tujuan dari tips aman konsumsi hidangan lebaran penderita diabetes, yakni memiliki kadar gula darah yang terkontrol. Jangan sampai kadar gula darah mengalami lonjakan. Bahayanya, dikhawatirkan akan terjadi berbagai macam komplikasi kesehatan.

Komplikasi kesehatan ini bisa meningkatkan risiko kardiovaskuler dan kerusakan saraf. Kardiovaskuler yang akan diderita, serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah. Sedangkan kerusakan saraf akan ditandai kesemutan pada ujung jari kaki, mati rasa, dan nyeri sampai tungkai atas. Tips aman konsumsi hidangan lebaran bagi penderita diabetes akan menghindarkan komplikasi ini.

Berikut Liputan6.com ulas tips aman konsumsi hidangan lebaran penderita diabetes dari berbagai sumber, Senin (25/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tips Aman Konsumsi Hidangan Lebaran Penderita Diabetes

Menetapkan Jumlah Kalori yang Dimakan

Salah satu syarat aman penderita diabetes mengonsumsi ketupat, yakni menetapkan jumlah kalori yang dimakan. Jika sudah menikmati ketupat, maka batasi konsumsi karbohidrat yang lain. Begitu juga batasi konsumsi ketupatnya. Jangan sampai porsinya berlebihan. Lebih baik mengonsumsi secukupnya saja.

Pilih Cara Pengolahan Santannya

Santan membuat hidangan ketupat menjadi semakin gurih. Bahkan kandungan lauric acid dalam santan memiliki banyak manfaat. Seperti antibakteri, antijamur, antivirus, dan antioksidan. Nah, dengan tidak terlalu lama memanaskan santan akan mempertahankan manfaat ini. Termasuk tidak menggunakan perasan murni.

Mengonsumsi Air Putih

Jika sudah memilih ketupat, hindarilah minuman manis. Penambahan minuman manis akan menyebabkan kalori tertimbun lebih banyak. Jadi, lebih baik untuk menghindarinya saja. Lebih baik memperbanyak minum air putih, terutama air putih hangat. Tujuannya agar dapat membantu menetralkan santapan lebaran yang sudah dikonsumsi.

3 dari 5 halaman

Tips Aman Konsumsi Hidangan Lebaran Penderita Diabetes

Daging Rendang

Daging rendang nikmat jika dimakan bersama ketupat. Sayangnya, daging merah harus dihindari pengidap diabetes. Bagi penderita diabetes lebih baik konsumsi daging putih saja. Boleh dengan ikan, ayam, dan makanan laut lain. Olahan daging ayam rendang bisa menjadi pilihan sehatnya.

Seimbangkan dengan Sayur dan Buah-buahan

Menyeimbangkan konsumsi sayur, buah dengan santapan Lebaran. Hal ini dilakukan agar kesehatan penderita diabetes terjaga. Lebih baik lagi untuk mengonsumsi buah-buahan yang dapat menetralkan lemak. Bisa dengan semangka, pepaya, nanas, pisang, apel, dan anggur. Sedangkan untuk sayur ada brokoli, bayam, wortel, bit, buncis dan kale.

4 dari 5 halaman

Tips Aman Konsumsi Hidangan Lebaran Penderita Diabetes

Atur Jam Makanmu

Mengatur jam makan juga bisa menjadi solusinya. Hal ini bisa dilakukan ketika ada banyak kunjungan ke rumah saudara. Termasuk tetap memilah-milah makanan yang dimakan. Kemudian tahu kapan waktunya untuk berhenti menyantap makanan.

Sebagai antisipasi karena tidak semua hidangan bisa dikonsumsi secara langsung. Jika pada siang hari sudah makan besar, hindari makan berat di malam harinya. Termasuk sarapan pagi dengan makanan berat, sangat tidak dianjurkan.

Jangan Lewatkan Waktu Olahragamu

Agar timbunan lemak bisa diatasi, jangan lewatkan olahraga. Apalagi saat lebaran penambahan kalori akan lebih besar. Supaya tetap seimbang, jaga asupan makan dan jalani olahraga seperti biasa. Pilihlah olahraga yang memungkinkan dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bisa dengan olahraga lari atau zumba dengan youtube.

5 dari 5 halaman

Makan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Diabetes

Kue Kering

Kue kering mudah sekali ditemukan saat hari raya. Ada banyak sekali jenisnya dan sangat menggoda. Namun, bagi penderita diabetes harus menghindarinya.

Bahan utama kue kering, yakni telur dan tepung. Sedangkan, bahan tambahan ada gula dan keju. Hal ini berarti, kalori dari kue kering cukup tinggi. Dikhawatirkan jika dikonsumsi, akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

Opor dan Gulai

Opor dan gulai sudah pasti terbuat dari santan. Rasanya enak tetapi tinggi lemak dan kalori. Kedua makanan ini sangat tidak direkomendasikan bagi penderita diabetes.

Pakar kesehatan menyebut opor dan gulai yang ditambah kuah bisa membuat asupan kalori hingga 1.000 – 2.000 kalori. Sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Kadar gulanya kakan naik drastis.

Sebelum mengonsumsi, penderita diabetes harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jika diperbolehkan, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah secukupnya.

Minuman Manis

Teh manis, minuman bersoda, minuman sirup, dan minuman kemasan sudah pasti ada saat hari raya. Jika setiap kali bertamu meminumnya, maka asupan gula harian akan melonjak drastis.

Pakar kesehatan menyarankan untuk memperbanyak air putih saja. Bisa juga meminta teh tanpa tambahan gula. Tujuannya tentu agar gula darah tidak naik drastis. Jika kadar gula tidak terkontrol maka akan menyebabkan penyakit yang tidak diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.