Sukses

Sambil Ngabuburit, 4 Tips Ini Bikin Kaca Mobil Tetap Kinclong

Selama aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) berlaku, mobil memang lebih banyak terparkir di garasi. Meskipun demikian, bukan berarti mobil bisa dibiarkan begitu saja.

Liputan6.com, Jakarta - Selama aturan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) berlaku, mobil memang lebih banyak terparkir di garasi. Meskipun demikian, bukan berarti mobil bisa dibiarkan begitu saja.

Bukan hanya urusan mesin dan kaki-kaki, Otolovers juga harus perhatikan dan selalu rawat kaca mobil secara berkala. Nah, dilansir dari Instagram @hondaisme, berikut ini 4 tips mudah rawat kaca mobil agar tetap kinclong.

1. Cek Kondisi Wiper

Pastikan Otolovers selalu periksa dan pakai wiper yang dalam kondisi baik. Jika karet wiper sudah mengeras, usahakan segera menggantinya. Karet yang keras atau tak dalam kondisi baik akan bisa timbulkan goresan pada kaca mobil. Jika sudah demikian, maka visibilitas dalam mengemudi bisa terganggu.

2. Gunakan Air Khusus Wiper

Jangan asal pakai air wiper ya Otolovers. Gunakanlah air yang memang direkomendasikan, karena bisa berikan efek licin dan memudahkan kerja licin. Sehingga dapat meminimalisir gesekan berlebih pada kaca kendaraan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Keringkan Kaca Mobil

Jika mobil baru saja dibuat hujan-hujan atau dalam kondisi basah, Otolovers wajib untuk segera mengeringkannya. Jika dibiarkan kering, maka akan timbulkan bercak dan jamur.

4. Bersihkan Secara Rutin

Terakhir, Otolovers harus bersihkan kaca mobil secara berkala. Gunakanlah air bersih dan lap berserat halus untuk membersihkannya.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Kaca Mobil Berembun, Ini Cara Mudah Mengusirnya

Meskipun terkesan sepele, embun kaca mobil cukup membahayakan. Di samping bisa mengurangi jarak pandang pengemudi, embun ini bisa menimbulkan kerak air di permukaan kaca.

Dikutip dari Auto2000, kamu bisa menghilangkan embun kaca dengan dua bahan yang mudah didapat.

Sampo Rambut

Pertama, kamu bisa menggunakan sampo rambut. Kamu bisa mengoleskannya sebelum berkendara.

 

Formula yang terdapat pada sampo rambut ternyata dapat mencegah terbentuknya embun karena kelembapan di sekitar kaca terjaga.

Cara penggunaannya pun sederhana. Kamu cukup mengoleskan sedikit sampo di kaca mobil bagian dalam, tapi jangan dicampur air.

Kemudian, bersihkan kaca dengan lap chamois yang sedikit lembap dengan arah lurus meyamping dan searah.

Pakai Tembakau 

Selain sampo, kamu juga bisa menghilangkan embun di kaca mobil dengan tembakau. Kandungan nikotin pada tembakau dipercaya bisa menyerap uap air dan mencegah kaca mobil berembun.

Penggunaannya sama. Kamu cukup mengoleskan tembakau rokok di kaca. Kamu harus berhati-hati agar kaca tak tergores campuran potongan cengkeh yang mungkin terdapat di rokok. Oleskan dengan halus, ya.

Cairan Anti Defogger 

Ingin cara yang lebih praktis? Kamu bisa menggunakan bahan ini jika ogah memakai sampo dan tembakau.

Sahabat Dream bisa menghilangkan embun dengan cairan anti kabut atau defogger. Cairan ini bisa didapatkan di toko perlengkapan mobil.

Kamu cukup menyemprotkan cairan defogger ke kaca bagian dalam. Diamkan beberapa saat, lalu lap dengan kain lembut yang kering dan gerakkan searah beberapa kali.

Sumber: Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini