Sukses

Ramadan Hening, di Lokasi Ngabuburit Kupang Dok II Jayapura

Kupang menjadi lokasi pusat kuliner saat sore menjelang, begitu pun waktu Ramadan tiba.

Liputan6.com, Jayapura - Kupang atau kepanjangan dari kursi panjang di Pantai Dok II Kota Jayapura, menjadi langganan lokasi ngabuburit saat Ramadan tiba.

Kursi panjang permanen sengaja disediakan oleh pemerintah setempat untuk tempat duduk pengunjung di pantai itu. Kupang menjadi lokasi pusat kuliner saat sore menjelang, begitu pun waktu  Ramadan tiba.

Pandemi corona Covid-19 membuat Kupang yang terletak di depan Kantor Gubernur Papua di Jalan Soa Siu Dok II Jayapura tak seperti biasanya. Kini, Kupang terlihat sepi dan lengang, terlebih waktu ngabuburit tiba.

Bahkan hanya terlihat satu atau dua orang yang melintas, berjalan kaki, atau jogging, tanpa terlihat orang berkerumun seperti biasanya.

Nurhana, seorang petugas kebersihan di Kupang menyebutkan sudah hampir 3 bulan Kupang di Pantai Dok II Jayapura tak pernah lagi dikunjungi warga.

“Ini karena ada larangan berkerumun. Setiap ada warga yang ingin duduk di Kupang, pasti Satpol PP langsung minta mereka pulang ke rumah, untuk pencegahan penyebaran corona,” katanya, Senin (18/5/2020).

Termasuk pedagang makanan dan minuman yang biasa mangkal di Kupang, saat ini kebanyakan pedagang berpindah lokasi.

“Akhirnya banyak pedagang yang menyebar, ada yang di Paldam, ada di Ruko Dok II Jayapura. Mereka dilarang berjualan saat pandemi ini. Kupang jadi kosong dan sepi,” jelas Nurhana yang sudah belasan tahun membersihan sampah di lokasi Kupang.

Kupang memang pantas menjadi tempat untuk melepas lelah dari segala rutinitas warga di Kota Jayapura. Seluruh fasilitas yang disediakan pemerintah setempat bisa dinikmati dengan gratis di Kupang.

Dari lokasi Kupang juga dapat dinikmati indahnya pantai Dok II Jayapura, termasuk pulau-pulau kecil di sekitarnya. Ombak di Pantai Dok II terbilang tenang, sehingga banyak anak-anak biasa berendam di pantai tersebut.

Dari lokasi Kupang juga terlihat Pelabuhan Jayapura. Jika beruntung, pengunjung dapat melihat kapal Pelni yang membawa penumpang untuk bersandar di pelabuhan itu. Pemandangan ini menjadi bonus bagi warga setempat jika sedang duduk di Kupang. 

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.