Sukses

4 Tips Ini Bisa Mengurangi Risiko Mobil Tiba-Tiba Terbakar

Tak ada pemilik mobil yang ingin tunggangannya tiba-tiba terbakar. Kasus terakhir yang terjadi adalah Toyota Alphard habis dilahap 'si jago merah' di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Liputan6.com, Jakarta - Tak ada pemilik mobil yang ingin tunggangannya tiba-tiba terbakar . Kasus terakhir yang terjadi adalah Toyota Alphard habis dilahap 'si jago merah' di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Berbicara soal kebakaran mobil, memang banyak faktor yang bisa jadi penyebabnya, dan salah satunya salah melakukan modifikasi yang berkaitan dengan sistem kelistrikan. Ya, masih banyak pemilik mobil yang belum sadar terkait bahayanya modifikasi yang berkaitan dengan sistem kelistrikan. Instalasi yang sembarangan dan penggunaan material yang tidak standar membuat potensi mobil terbakar sangat besar.

Biasanya, kebakaran mobil berawal dari korsleting, sehingga menyebabkan timbul percikan api dan akhirnya terbakar. Apabila sistem kelistrikan bermasalah, maka kerusakan ini bisa menimbulkan percikan api dan menyulut kebakaran dengan sangat mudah. Untuk itu ada baiknya Anda melakukan pemeriksaan rutin bagian kelistrikan di mobil Anda.

Berikut, adalah empat penyebab korsleting pada mobil yang perlu diketahui, seperti dilansir laman resmi Hyundai Indonesia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kabel Paralel pada Aki

Kabel paralel pada aki sering kali mengakibatkan terjadinya korsleting pada mobil. Dikarenakan saat servis mungkin montir atau Anda sendiri teledor untuk mengencangkan baut pada aki.

Jika baut tidak dikencangkan dengan maksimal bisa terjadi kebakaran pada mesin mobil. Oleh karena itu jika kita mengganti aki diusahakan baut kabel pada aki dikencangkan dengan maksimal agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3 dari 6 halaman

2. Periksa Ruang Mesin

Apabila banyak kabel tambahan yang tidak standar dan tidak rapi di ruang mesin maka besar kemungkinan kelistrikan dari mobil Anda ini bermasalah.

Periksalah terminal positif (+) aki, apabila pada terminal tersebut banyak kabel tambahan, maka hal ini mengindikasikan banyaknya aksesori tambahan yang memerlukan listrik.

 

4 dari 6 halaman

3. Kabel Terputus

Kabel putus juga bisa terjadi pada mobil karena banyak hal. Salah satunya kabel bisa dimakan tikus atau hewan yang bisa masuk ke rangka mobil dan juga karena gesekan roda.

Biasanya jika terlalu banyak kabel yang putus arut kelistrikan pada mobil tidak maksimal dan kabel bisa korsleting sampai mengeluarkan percikan api.

5 dari 6 halaman

4. Pemilihan Kabel yang Tidak Sesuai

Pemilihan kabel pada mobil yang tidak sesuai seperti besar kecilnya ukuran kabel juga bisa menyebabkan terjadinya korsleting pada mobil.

Dikarenakan ukuran yang tidak seusai maka besar tegangan arus yang mengalir pun tidak maksimal atau bukan standarnya.

Dengan daya tegangan listrik yang berbeda–beda di setiap komponen mobil maka dari itu pemilihan kabel juga di sesuaikan untuk menghindari korsleting pada mobil.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini