Sukses

Aplikasi Kitab Alfiyah untuk Belajar Sintaksis dan Morfologi Bahasa Arab

Bisa dibilang, Alfiyah merupakan kitab rujukan utama para santri yang mempelajari kaidah sintaksis (nahwu) dan morfologi (sharaf) bahasa Arab.

Liputan6.com, Jakarta - Di kalangan pesantren di Indonesia, ada satu kitab yang sering dihapalkan oleh para santri, yakni kitab Alfiyah.

Ia merupakan kitab yang disusun oleh ulama ternama Syekh Muhammad bin Abdullah bin Malik Alandalusy Rahimmahullah atau akrab disapa Ibnu Malik.

Bisa dibilang, Alfiyah merupakan kitab rujukan utama para santri yang mempelajari kaidah sintaksis (nahwu) dan morfologi (sharaf) bahasa Arab.

Terdiri dari 1002 bait, Alfiyah merupakan kitab yang memuat syair-syair berirama dan oleh sebab itu, para santri sering melantunkan bait-bait di Alfiyah dengan irama yang khas dan memudahkan mereka untuk menghapal.

Berkat kemajuan teknologi, kitab Alfiyah kini tersedia dalam versi aplikasi smartphone. Di Google Play Store ada cukup banyak aplikasi kitab Alfiyah dan salah satunya ialah kitab Terjemah Alfiyah Ibnu Malik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Aplikasi

Ketika artikel ini ditulis, aplikasi yang dikembangkan oleh Mobile Santri tersebut sudah diunduh lebih dari 10.000 kali.

Untuk dapat memasang aplikasi ini di smartphone, kamu harus memastikan smartphone kamu berjalan di Android versi 4.1 atau lebih. Bobot aplikasi ini terbilang ringan, yakni 22MB.

Selain itu, tampilan antarmukanya cukup sederhana dan ringan, serta mengingatkan pada tampilan antarmuka khas aplikasi-aplikasi Alquran.

Buat kamu yang mau belajar sintaksis dan morfologi bahasa Arab lewat kitab Alfiyah, barangkali aplikasi ini bisa jadi opsi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini