Sukses

5 Bahan Alami Pengganti Pasta Gigi, agar Mulut Sehat Saat Puasa

Liputan6.com, Jakarta Bahan alami pengganti pasta gigi bisa Anda jadikan alternatif dalam membersihkan gigi. Untuk mendapatkan bahan alami pengganti pasta gigi ini juga tidaklah sulit, karena sangat banyak didapatkan di toko kelotong atau minimarket di daerah Anda. Selain itu, harganya juga tergolong murah jika dibandingkan pasta gigi biasa.

Dengan gigi yang bersih tentunya kondisi mulut akan selalu segar dan terawat. Hal ini juga seharusnya berlaku saat sedang menjalankan ibadah puasa. Walaupun puasa identik dengan bau mulut, namun tidak ada salahnya untuk tetap mencegahnya dengan membersihkan gigi.

Jika saat ini umumnya Anda menggunakan jenis pasta gigi yang dibuat dari bahan kimi, maka cukup berbeda dari zaman dahulu. Karena orang pada zaman dahulu menggunakan jenis bahan-bahan yang alami dalam merawat gigi mereka.

Bahan alami pengganti pasta gigi ini pun juga cukup efektif untuk menjaga kekuatan dan kesehatan dari gigi. Bahkan jenis bahan alami ini sering dicampurkan ke pasta gigi yang diproduksi massal karena memang telah teruji khasiatnya dan ke efektifannya.

Agar tidak menambah penasaran apa saja bahan alami pengganti pasta gigi tersebut, dibawah ini Liputan6.com telah merangkum untuk Anda berbagai macam dari bahan alami pengganti pasta gigi yang tentunya mudah dan murah untuk Anda dapatkan, Selasa (19/5/2020).

2 dari 6 halaman

1. Siwak

Bagi umat muslim, salah satu sunnah yang disukai Nabi Muhammad SAW adalah dengan bersiwak. Jenis tanaman ini memang telah terkenal oleh orang zaman dahulu sebagai bahan alami untuk membersihkan gigi. Pengganti pasta gigi berupa siwak ini adalah jenis pembersih gigi yang terbuat dari ranting pohon arak. Jenis pohon yang termasuk dalam ketegori semak belukar ini sangat banyak ditemui di wilayah Timur Tengah.

Ranting pohon ini diolah dengan cara dipotong lalu pada bagian ujungnya diberi bentuk menyerupai serabut. Tujuan adanya serabut tersebut yaitu untuk digosokkan ke gigi agar gigi lebih kuat dan bersih. Beberapa kandungan alami yang membuat siwak sangat baik untuk kesehatan gigi yaitu alkaloid, silika, sodium bikarbonat, chloride, dan fluoride. Selain itu, siwak juga mengandung bahan alami lain, seperti vitamin C, kalsium, sulfur, essential oil, dan tannin.

3 dari 6 halaman

2. Daun Salam

Biasanya jenis tumbuhan ini lebih populer dijadikan sebagai penambah cita rasa pada masakan. Padahal, daun salam pada zaman dahulu telah banyak dan sering dijadikan bahan alami untuk membersihkan gigi. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa menggunakan daun salam tersebut dengan cara yang cukup mudah.

Caranya yaitu dengan menggosokkan daun salam ke gigi hingga muncul warna hijau yang dihasilkan dari daun tersebut. Setelah dirasa sudah cukup, maka Anda tinggal berkumur-kumur dengan air hingga tidak tersisa lagi daun salam yang ada di area mulut dan gigi. Selain mudah dalam penggunaannya, daun salam ini mudah diadapatkan dan murah sekali harganya.

4 dari 6 halaman

3. Daun Sirih

Tidak dapat dipungkiri jika bahan alami pengganti pasta gigi ini memang terkenal sejak dahulu kala sebagai daun yang memiliki kemampuan anti bakteri. Karena kemampuannya tersebut, tidak jarang jika daun sirih digunakan sebagai bahan untuk membersihkan luka.

Untuk mendapatkan manfaat daun sirih tersebut bagi gigi, maka Anda bisa dengan merebus dahulu daun sirih tersebut. Lalu, setelah direbus, air rebusan daun sirih tersebut Anda gunakan untuk kumur-kumur, sedangkan daun sirihnya bisa Anda gunakan untuk digosok-gosokkan ke gigi.

Saking efektifnya daun sirih, bahkan ada beberapa produk pasta gigi pabrikan yang menggunakan ekstrak dari daun sirih tersebut untuk digunakan pada produknya.

5 dari 6 halaman

4. Garam dan Jeruk Nipis

Bahan alami pengganti pasta gigi ini juga cukup efektif dalam membersihkan dan merawat gigi. Dalam penggunaannya tentu saja sangat mudah dan gampang. Caranya yaitu dengan memeras jeruk nipis, lalu air perasan tersebut diberi taburan garam batu atau jika tidak ada dapat dengan garam biasa. Setelah itu, campuran tersebut diaduk rata dan kemudian digosokkan ke area gigi.

Efeknya akan lebih bagus lagi jika kulit dari jeruk nipis tersebut digosokkan ke gigi. Selain akan menimbulkan efek yang segar dari jeruk nipis, Anda juga akan mendapatkan kebaikan vitamin C yang berasal dari jeruk nipis tersebut. Selain itu, untuk mendapatkannya tentu sangat murah dan mudah.

Namun, dalam pemakaiannya jangan terlalu sering. Karena, ada risiko untuk terkena iritasi di mulut apabila Anda melakukan sikat gigi dengan campuran tersebut terlalu sering. Cukup sekali atau maksimal dua kali saja dalam satu hari.

6 dari 6 halaman

5. Daun Jambu Biji

Jenis bahan alami ini memang biasanya terkenal karena efektif untuk mengobati mencret. Walaupun begitu, daun jambu biji ini juga bisa digunakan sebagai bahan alami pengganti pasta gigi. Untuk menggunakannya juga hampir sama dengan cara menggunakan daun sirih atau daun salam, yaitu dengan digosokkan atau berkumur dengan air rebusannya.

Nah, jadi tidak ada salahnya Anda mencoba beberapa bahan alami pengganti pasta gigi diatas agar mulut tetap segar dan sehat selama berpuasa.