Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Rabu 13 Mei 2020 dan Doa Berbuka Puasa

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Rabu 13 Mei 2020.

Liputan6.com, Jakarta Jangan sampai terlewat karena jadwal buka puasa hari ini Rabu 13 Mei 2020, merupakan waktu yang paling ditunggu-tunggu seluruh umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa.

Perlu diketahui juga, jadwal buka puasa hari ini Rabu 13 Mei 2020 berbeda-beda di setiap daerahnya. Meski hanya selisih beberapa menit saja, tetapi penting untuk mengetahui jadwal buka puasa hari ini Rabu 13 Mei 2020 yang benar-benar tepat. Tentu saja agar bisa melaksanakan anjuran berbuka Rasulullah SAW dengan segera menyegerakan buka puasa.

Selain mengetahui jadwal buka puasa hari ini, penting juga untuk mengetahui tiga versi doa buka puasa. Berikut jadwal buka puasa hari ini Rabu 13 Mei 2020 serta tiga versi doa buka puasa yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (13/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Doa Berbuka Puasa Pertama

Saat berbuka puasa inilah, ada beberapa doa yang lazim diucapkan. Seperti dikutip dari tulisan "Salahkah berdoa dengan Allahumma laka shumtu?" karya Syukron Ma'mun al-bhogori, banyak broadcast mengenai bacaan berbuka puasa yang mengklaim paling benar.

اللَّهُمَّ لَك صُمْت وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ، ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ .

Bacaan latinnya: Allahumma laka shumtu wa ‘alaa rizqika afthartu fataqabbal minni, innaka antas samii’ul ‘aliim

Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Telah hilang rasa penatku dan basahlah tenggorokanku dan tetaplah pahala dicurahkan atasku, Insya Allah”.

Pembacaan do’a seperti ini, dengan variasi tambahan dan pengurangan, merupakan warisan turun-temurun dari para ulama waratsatul anbiya.

Mereka yang menganjurkan membaca do’a ini adalah para ahli hadis dan fuqaha dari berbagai mazhab.

3 dari 5 halaman

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Rabu 13 Mei 2020

Berikut jadwal buka puasa hari ini Rabu 13 Mei 2020 di kota besar Indonesia:

Banda Aceh 18:49 WIB

Medan 18:33 WIB

Padang 18:20 WIB

Pekanbaru 18:18 WIB

Palembang 18:00 WIB

Bandung 17:48 WIB

Jakarta 17:47 WIB

Yogyakarta 17:31 WIB

Semarang 17:32 WIB

Surabaya 17:22 WIB

Pontianak 17:46 WITA

Banjarmasin 18:20 WITA

Denpasar 18:11 WITA

Makassar 17:59 WITA

Palu 18:02 WITA

Mataram 18:07 WITA

Kupang 17:35 WITA

Ambon 18:25 WIT

Sorong 18:17 WIT

Jayapura 17:37 WIT

4 dari 5 halaman

Doa Berbuka Puasa Kedua

Ada lagi riwayat Abdullah bin ‘Umar perihal doa yang umum dibaca. Doa ini dikabarkan berasal dari sahabat Mabi Muhammad, Abdullah bin 'Umar yang juga diriwayatkan Abu Dawud sebagai berikut.

ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

Bacaan latinnya: Dzahabaz zhama’u wabtallatil ‘urûqu wa tsabatal ajru, insyâ Allah

Artinya: "Telah hilang rasa haus, dan urat-urat telah basah serta pahala telah tetap, insya Allah (HR. Abu Dawud).

Penuturan ini berdasarkan hadis dari Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma. Beliau mengatakan:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِذَا أَفْطَرَ قَالَ: «ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ… »

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, apabila beliau berbuka, beliau membaca: “Dzahaba-zh Zama’u, Wabtalati-l ‘Uruuqu…” (HR. Abu Daud 2357). Hadis ini dinilai hasan oleh Al-Albani).

5 dari 5 halaman

Doa Berbuka Puasa Ketiga

Ini doanya: اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلى رِزْقِكَ أفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمأُ وابْتَلَّتِ العُرُوقُ وَثَبَتَ الأجْرُ إِنْ شاءَ اللَّهُ تَعالى

Bacaan latinnya: Allâhumma laka shumtu wa ‘alâ rizqika afthartu dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘urûqu wa tsabatal ajru insyâ-allâh ta‘âlâ

Artinya,“Ya Allah, untuk-Mulah aku berpuasa, atas rezekimulah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan (semoga) pahala telah ditetapkan, insyaaallah.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini