Sukses

Masjid di Texas Bagikan Makanan untuk Orang Terdampak Corona Saat Ramadan

Liputan6.com, Houston - Ketika banyak masjid di Houston tetap ditutup selama pandemi virus corona, umat Islam di Houston, Texas, Amerika Serikat harus menemukan cara alternatif untuk merayakan Ramadan tahun ini.

Islamic Society of Greater Houston (ISGH) mengumumkan bahwa sejalan dengan bimbingan dari pejabat kesehatan masyarakat, ISGH memutuskan untuk menutup masjid-masjid meskipun ada perintah eksekutif negara yang mengizinkan layanan terbatas.

Kepemimpinan ISGH merasa membuka kembali masjid itu prematur dan melanjutkan penutupan mereka mematuhi prinsip Islam untuk melindungi kesehatan, menurut pengumuman ISGH pada 30 April 2020, dikutip dari Houston Chronicle, Minggu (10/5/2020).

Hari pertama Ramadan 2020 jatuh pada 24 April. Sehubungan dengan perayaan keagamaan selama sebulan, masjid tidak hanya memberikan kuliah melalui aplikasi online untuk menjaga masyarakat tetap terlibat di rumah, tetapi juga mengambil sumbangan makanan dan uang untuk membantu COVID- 19 upaya bantuan.

"Kami melakukan banyak kegiatan amal melalui donasi online dan berbagai organisasi amal," kata Sohail Syed, presiden Islamic Society of Greater Houston. "Ini adalah saat memberi."

Berbagi Makanan

Syed menjelaskan bahwa umat Islam biasanya melakukan banyak kegiatan amal selama masa ini karena imbalan dari semua perbuatan baik diyakini akan berlipat ganda di bulan Ramadan. Dia menambahkan bahwa pusat-pusat Islam di sekitar kota sedang melakukan drive makanan untuk orang yang membutuhkan.

Direktur Pengembangan ISGH Rodwaan Saleh mengatakan setiap malam di Synott Road Islamic Center di Sugar Land, mobil-mobil pembawa makanan akan lewat pada saat berbuka puasa dan mengambil piring yang sudah terisi makanan.

"Ini merupakan cara untuk mengatakan 'datang dan berbuka puasa,'" kata Saleh.

"Mereka mungkin tidak mampu membeli makanan yang dimasak. Bagi mereka yang bukan Muslim, kami tidak akan pernah bertanya apakah Anda seorang Muslim atau bukan. Selama Anda berada di antrean, Anda mendapatkan sepiring."

Didirikan pada tahun 1969, ISGH mengoperasikan 22 pusat Islam dan Musallas di seluruh wilayah Houston.

 

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

2 dari 3 halaman

Layanan Online

Pusat-pusat Islam di wilayah Houston barat laut seperti Cypress Islamic Center, Champions Islamic Center, Bear Creek Islamic Center, dan Adel Road Islamic Center mulai mengalirkan layanan Ramadan kepada umat Islam akhir bulan lalu melalui Zoom dan Facebook. Dengan melepaskan layanan tatap muka, ISGH berusaha memenuhi tugasnya untuk membantu mengendalikan penyebaran virus.

"Ini adalah acara khusus yang diizinkan dalam agama Islam untuk melindungi umat manusia," kata Syed. "Kehidupan manusia sangat berharga."

Presiden ISGH Sohail Syed ingin semua orang dari kepercayaan Muslim untuk mempraktikkan agama dengan kemampuan terbaik mereka dari rumah dalam keadaan saat ini tetapi juga mengikuti kewajiban moral mereka untuk membantu sesama warga.

Pada tanggal 26 April, ISGH menyelenggarakan Distribusi Makanan Ramadhan untuk masyarakat yang kurang terlayani yang mengalokasikan lebih dari 1.400 kotak bahan makanan dengan Walikota Sylvester Turner yang hadir di Masjid Taleem Muhammad di Houston.

Makanan pokok didistribusikan melalui tujuh pusat Islam di sekitar Houston termasuk Bear Creek Islamic Center dengan tujuan membantu keluarga setempat.

"Karena COVID-19, banyak orang kehilangan pekerjaan dan pusat-pusat Islam ini terbuka untuk memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan di seluruh kota, di mana saja, yang membutuhkan," kata Syed.

Pusat Bear Creek diorganisasikan untuk menjaga jarak sosial yang aman pada hari Minggu itu dengan mobil-mobil yang dikendarai, membuka koper dan relawan menempatkan barang-barang di dalam mobil.

Direktur Pusat Islam Bear Creek Azmi Alwan mengatakan bahwa pusat tersebut telah menjadi basis yang kuat melalui masa-masa sulit sebelumnya, seperti melindungi lebih dari 30 keluarga selama Badai Harvey. Jadi, ketika pandemi melanda komunitas mereka, mereka siap membantu.

"Bukan hal baru bagi kami untuk membantu komunitas karena kami milik komunitas ini," kata Alwan.

3 dari 3 halaman

Simak video pilihan berikut: