Sukses

Begini Cara Pakai Stiker Edisi Khusus Ramadan di WhatsApp

Penasaran bagaimana caranya memakai stiker edisi khusus Ramadan di WhatsApp ini?

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru saja mengumumkan kehadiran stiker edisi khusus Ramadan yang dapat dipakai pengguna mereka di Indonesia.

Meluncur khusus di Indonesia, stiker edisi khusus Ramadan kali ini merupakan kolaborasi WhatsApp dengan ilustrator lokal.

Nah, penasaran bagaimana caranya memakai stiker edisi khusus Ramadan di WhatsApp ini? Tanpa panjang lebar, berikut cara singkatnya.

Informasi, stiker edisi spesial Ramadan dapat kamu unduh secara gratis di Google Play. Setelah proses mengunduh selesai, kamu bisa tambahkan koleksi stiker ke dalam WhatsApp.

Kamu dapat menggunakan stiker edisi Ramadan ini dengan membuka chat individu maupun grup, lalu ketuk Emoji > Stiker.

Lanjutkan dengan mencari dan mengetuk stiker yang ingin dikirim. Jika ingin melihat stiker yang baru saja digunakan, ketuk Terbaru, atau ketuk Favorit jika ingin melihat stiker favorit di WhatsApp.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Edisi Ramadan di Tengah Kondisi Pandemi Global

Di Brasil, aplikasi chat WhatsApp diblokir selama 72 jam! Kenapa, ya?

Alasan WhatsApp meluncurkan stiker tersebut karena Ramadan 2020 terasa berbeda disebabkan penyesuaian yang harus dilakukan di tengah pandemi.

Masyarakat pun diminta untuk berinteraksi secara virtual sehingga tak bisa melakukan hal-hal yang biasa dilakukan saat Ramadan. Misalnya saja buka puasa atau ngabuburit dengan orang-orang terdekat.

Stiker edisi Ramadan ini merupakan salah satu upaya WhatsApp menghubungkan pengguna secara lebih interaktif, meski sedang berada di rumah masing-masing.

Dengan stiker ini pengguna dapat mengekspresikan perasaan mereka yang sulit diungkapkan dengan kata-kata dengan cara yang menyenangkan.

Mulai dari sapaan selamat berbuka puasa hingga sapaan selamat sahur dan Hari Raya Idulfitri. Stiker ini dapat diunduh secara gratis di Google Play.

 

3 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan Ilustrator Lokal

ilustrasi whatsapp | pexels.com/@anton-8100

Dalam merilis stiker ini, WhatsApp bekerja sama dengan ilustrator lokal Diela Maharanie.

Diela memiliki ciri khas ilustrasi cerah dan penuh warna. Berbagai karyanya, seperti ilustrasi, gambar, dan lukisan bordir juga pernah tampil di sejumlah pameran di luar negeri.

Perilisan stiker Ramadan ini merupakan kolaborasi pertama WhatsApp dalam menciptakan stiker bertema Ramadan di pasar Indonesia.

Stiker-stiker ini menampilkan tradisi khas Ramadan yang lekat dengan masyarakat Indonesia untuk menghadirkan keseruan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

Menurut data WhatsApp, stiker menjadi salah satu cara cepat untuk mengirim pesan dan mengekspresikan diri. Tiap harinya, ada miliaran stiker terkirim melalui WhatsApp.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini