Sukses

Sering Susah Khusyuk Saat Salat, Ini Tipsnya

Setan memang selalu berusaha menganggu manusia, bahkan ketika salat.

Liputan6.com, Jakarta Salat adalah ibadah wajib yang dilaksanakan lima kali sehari pada waktu-waktu yang sudah ditetapkan. Salat menjadi bukti tanda iman dan penghambaan manusia kepada Tuhannya.

Namun, seringkali ada banyak gangguan saat hendak melaksanakan salat. Oleh karena itu, umat Islam diimbau untuk mengosongkan pikiran dan memantapkan hati saat hendak melaksanakan salat. Dengan demikian, setiap orang dapat lebih tenang ketika hendak melaksanakan salatnya.

Dikutip dari Islam.nu.or.id, ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk mendapatkan salat yang khusyuk.

1. Membaca taawuz

Membaca Allāhumma innī a‘ūdzu bika min syaythānil waswasati Khanzabin sebanyak 3 kali.

Artinya:

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari setan yang ditugaskan meniupkan was-was di batin manusia"

2. Melamakan berdiri ketika takbiratul ikramSaat membaca niat, dipakai untuk mengosongkan diri dari pikiran-pikiran di luar salat.

3. Meletakkan tangan di dada kiri lalu membaca kalimat سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ الْخَلَّاقِ الْفَعَّالِ سَبْعَ مَرَّات

"Subhānal malikil quddūsil khallaqil fa‘‘āl" sebanyak 7 kali.

Artinya, “Maha suci penguasa, zat yang suci, sang pencipta, yang banyak berbuat.”

Itu adalah cara-cara yang diajarkan para ulama terdahulu agar mencapai kekhusyukan dalam salat. Setan memang selalu berusaha menganggu. Namun, upaya yang kuat akan membuat manusia berhasil mendapatkan kekhusyukan dalam salat saat menghadap Tuhan-NYA.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.