Sukses

Quraish Shihab: Keesaan Allah Membuat Manusia Berbuat Sesuatu Atas Seizin-Nya

Quraish Shihab menyebut empat macam keesaan yang dimiliki Allah. Menurut para ulama, keesaan pertama, yaitu zat.

Liputan6.com, Jakarta Keesaan Allah adalah keyakinan yang terpenting dalam ajaran Islam. Menurut Quraish Shihab, kegiatan manusia juga harus dikaitkan dengan kepercayaan keesaan Allah.

"Kalau tidak, maka tidak diakui dan diterima oleh Allah SWT," ucap cendikiawan muslim ini. 

Quraish Shihab juga menjelaskan, bahwa ada empat macam keesaan yang dimiliki Allah. Menurut para ulama, keesaan pertama, yaitu zat. Artinya Allah tidak terdiri dari bagian-bagian, namun satu tunggal. 

"Kedua, sifat. Walau dalam nama sifat itu sama dengan yang disandang oleh manusia, tetapi substansinya berbeda dengan sifat dan kadar makhluk lainnya," ungkapnya. 

Sementara, keesaan dalam perbuatan, artinya bahwa semua yang terjadi di dunia ini karena diciptakan oleh Allah SWT. Tidak ada yang bisa tanpa seizin-Nya. 

Ketiga keesaan ini menurut Quraish Shihab melahirkan keesaan dalam beribadah. 

"Keesaan dalam beribadah kepadanya menjadikan seseorang melakukan sesuatu demi karna Allah. Atau demi apa yang diperintahkan dan seizin Allah," ucap cendikiawan muslim ini diakhir renungannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.