Sukses

7 Cara Ampuh Tidak Cepat Mengantuk Saat Puasa, Tetap Jaga Produktivitas

Cara ampuh agar tidak mengantuk saat puasa ini dapat membuat aktivitas sehari-hari Anda berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Cara tidak cepat mengantuk saat puasa bisa Anda coba jika memang mengantuk menjadi hal yang mengganggu aktivitas Anda. Karena memang saat puasa, jam tidur akan sangat terganggu, sehingga dibutuhkan beberapa cara tidak cepat ngantuk saat puasa.

Siklus tidur yang berubah saat bulan puasa memang dikarenakan Anda harus bangun lebih awal untuk menyiapkan santap sahur. Apabila Anda tidak tidur lebih cepat, maka jam tidur Anda dapat berkurang cukup drastis.

Hal tersebut akan membuat Anda mengantuk disaat beraktivitas, namun mau tidak mau Anda harus menghilangkan rasa kantuk tersebut. Maka dengan mencoba beberapa cara tidak cepat mengantuk saat puasa tersebut, aktivitas Anda akan tetap lancar pastinya.

Sebenarnya beberapa cara tidak cepat mengantuk saat puasa tersebut hampir sama dengan mencegah kantuk di hari-hari biasa. Namun ada sedikit perbedaan cara tidak cepat mengantuk saat puasa mengingat cara ini dilakukan saat Anda sedang berpuasa.

Jadi, agar semakin jelas apa saja sebenarnya cara tidak cepat mengantuk saat puasa tersebut, berikut ini Liputan6.com telah merangkum beberapa cara tidak cepat mengantuk saat puasa yang bisa Anda coba, Kamis (7/5/2020).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Lebih sering bergerak dan lakukan peregangan

Sebenarnya rasa kantuk dapat timbul karena tubuh kita kekurangan oksigen. Oleh sebab itu dengan melakukan gerakan lebih sering, seperti jalan kaki ringan, mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, serta otot.

Selain itu Anda dapat melakukan beberapa gerakan peregangan yang akan membantu tubuh lebih rileks. Melakukan peregangan juga dapat membuat otot menjadi tidak kaku. Lebih sering bergerak dan melakukan peregangan efektif untuk menghilangkan rasa kantuk Anda.

3 dari 8 halaman

2. Tidur sejenak di waktu lenggang

Jika memang dengan melakukan beberapa gerakan ringan di atas belum mampu menghilangkan rasa kantuk Anda, maka Anda bisa mencoba dengan memanfaatkan waktu lengang Anda di sela aktivitas untuk tidur sejenak.

Kegiatan ini mungkin hanya dilakukan dalam waktu 30 menit hingga 1 jam, tapi cara ini cukup efektif mengembalikan energi jika dilakukan. Namun, jangan terlalu lama dalam tidur tersebut, karena justru akan membuat Anda merasa pusing sesaat setelah bangun tidur.

4 dari 8 halaman

3. Cari teman mengobrol

Cara ini sangat berguna saat Anda sedang di lingkungan seperti kantor atau kampus. Saat sedang di kantor atau kampus, Anda bisa mencoba mengobrol dengan rekan Anda sejenak. Aktivitas tersebut akan berguna dalam mengatasi rasa kantuk saat sedang aktivitas di waktu puasa.

Selain itu, ada baiknya topik yang di jadiakan bahan obrolan merupakan jenis topik yang cukup berat, tentu agar Anda semakin berusaha untuk mencurahkan konsentrasi, sehingga akan membantu Anda dalam mengatasi rasa kantuk.

5 dari 8 halaman

4. Pastikan sumber penerangan cukup

Jika Anda pernah mendengar tips agar terlelap tidur lebih cepat, biasanya akan direkomendasikan dengan mematikan lampu atau penerangan lainnya. Jika Anda sedang dalam posisi melakukan aktivitas, maka lakukanlah hal sebaliknya. Yaitu dengan menambah jumlah penerangan di sekitar Anda.

Jika dengan cara tersebut masih membuat Anda mengantuk, maka ada baiknya Anda mencoba keluar ruang dan biarkan tubuh Anda terpapar sinar matahari yang cukup hangat. Namun jangan terlalu lama, karena sinar UV dari matahari juga cukup berbahaya bagi kesehatan kulit Anda.

6 dari 8 halaman

5. Tarik nafas dalam

Rasa kantuk biasanya timbul karena pasokan okisgen pada otak berkurang. Melakukan penarikan nafas yang dalam, maka akan mampu meningkatkan kadar oksigen di dalam otak.

Pada saat Anda menarik nafas dalam, pastikan perut Anda benar-benar terisi dengan udara, lalu hembuskan udara secara perlahan melalui mulut. Lakukan cara ini beberapa kali hingga tubuh dan pikiran Anda terasa lebih segar dan tidak mengantuk.

7 dari 8 halaman

6. Membasuh muka

Rasa mengantuk bisa muncul dan dapat menyebabkan Anda jadi kehilangan fokus dalam berkonsentrasi. Selain itu, saat mulai mengantuk, mata akan terasa lengekt dan kepala menjadi terasa berat. Jika hal tersebut terjadi, maka coba untuk pergi menuju ke wastafel dan basuh muka Anda dengan air.

Hal ini sebenarnya merupakan cara paling umum dilakukan apabila tubuh mulai merasa mengantuk. Namun, lebih efektif lagi, jika Anda mencuci muka dengan air dingin. Pasalnya, sensasi dingin tersebut dapat membuat otot-otot wajah menjadi rileks dan segar.

8 dari 8 halaman

7. Pastikan tidur malam cukup setiap hari

Ketika tidur malam Anda kurang dikarenakan begadang, padahal Anda harus bangun untuk sahur, maka hal tersebut akan memicu kondisi mengantuk saat Anda beraktivitas di keesokan harinya.

Oleh karena itu pastikan apabila tidak ada kebutuhan yang mendesak, Anda sebisa mungkin menghindari begadang dan tidurlah lebih cepat dari biasanya. Cukup tidur minimal 6-8 jam dapat membuat tubuh menjadi segar selama menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.