Sukses

Nestapa Ramadan di Karantina Corona COVID-19 India Ini, Tak Ada Sahur Layak

Banyak anggota Tablighi Jamaat mengatakan bahwa mereka telah dikarantina terkait Virus Corona COVID-19 selama sebulan, di tempat dengan kondisi yang buruk bahkan saat Ramadan.

Liputan6.com, New Delhi - Izhar Ahmad telah menyelesaikan karantina dalam waktu sebulan, dua kali lipat dari periode yang seharusnya di bangsal isolasi pemerintah di ibu kota India, New Delhi. Dia bertanya-tanya mengapa masih tidak diizinkan untuk pulang.

"Sudah hampir sebulan dan tiga tes Virus Corona baru dilakukan pada saya yang hasilnya negatif, tetapi saya masih di sini, di pusat ini, tidak diizinkan untuk bertemu keluarga atau teman-teman," ujar lelaki 40 tahun kepada Al Jazeera dari pusat karantina di wilayah Wazirabad, Delhi yang dikutip Jumat (1/5/2020).

Ahmad termasuk di antara ribuan anggota organisasi misionaris Muslim, Tablighi Jamaat, yang dikarantina di seluruh India, setelah acara di Delhi yang mereka hadiri awal Maret lalu terkait dengan infeksi Virus Corona baru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kampanye Media yang Tidak Bersahabat

Sejak itu anggota Tablighi Jamaat menjadi sasaran kampanye media yang bermusuhan dengan kelompok komunitas Hindu India. Mereka dituduh menyebarkan virus, yang telah menewaskan lebih dari 200.000 orang di seluruh dunia.

#CoronaJihad menjadi tren di Twitter, dengan banyak pemimpin Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa menyebut pertemuan keagamaan itu "terorisme corona" - sebuah istilah yang banyak diisyaratkan mengisyaratkan Islamofobia dari partai yang memerintah.

Ahmad yang dijemput oleh polisi pada 1 April dari Shastri Park di timur Delhi, mengatakan empat hingga enam orang ditempatkan bersama di kamar darurat dengan kekurangan kipas angin, membuat kondisi "pengap dan lembab".

Dia juga menyatakan frustrasi atas kurangnya makanan untuk sahur dan berbuka puasa, sehingga sulit menjalani puasa selama bulan suci.

"Mereka tidak menyediakan makanan pada saat sahur dan ketika saatnya berbuka puasa, kami diberi kurma dan dua pisang," katanya kepada Al Jazeera.

"Kami ingin pulang, tidak ada alasan bagi mereka untuk menahan kami di sini, terutama ketika telah diuji negatif Virus Corona tiga kali."

Ibrahim Sultan, yang berada di kamp yang sama, mengatakan ia telah dua kali dinyatakan negatif. "Mereka telah mengambil tes lain dan saya sedang menunggu hasil," katanya.

"Saya ingin kembali ke keluarga saya jika saya tidak memiliki Virus Corona COVID-19, kami hanya menunggu di sini dalam kondisi yang buruk ini dan semakin sulit bagi kami di masa Ramadan."

Menyoroti kondisi buruk di pusat-pusat karantina, ketua Komisi Minoritas Delhi Zafarul Islam Khan pada hari Selasa menuntut pembebasan Muslim yang ditahan di pusat-pusat karantina lebih dari 14 hari.

Awal bulan ini, dua orang yang terkait dengan Tablighi Jamaat meninggal di pusat karantina Wazirabad, menurut laporan media setempat. Mereka menderita diabetes dan diduga tidak diberi makanan tepat waktu.

"Sudah 28 hari orang-orang ini masih berada di pusat karantina, mereka tidak memberikan alasan mengapa mereka tidak dibebaskan," kata Khan kepada Al Jazeera, seraya menambahkan bahwa Jain tidak menjawab satu pun dari surat-suratnya.

"Setelah intervensi kami, beberapa penggemar disediakan di kamp-kamp dan makanan yang cukup."

Al Jazeera mencoba menghubungi Menteri Kesehatan Jain dan beberapa pemimpin lain dari Partai Aam Aadmi (AAP), yang memerintah di Delhi, tetapi tidak dapat menjangkau mereka. Seorang pemimpin AAP, yang ingin tetap anonim, menyebut tuduhan buruknya kondisi di pusat karantina sebagai "kebohongan".

3 dari 3 halaman

Anggota Jamaat yang Sembuh dari COVID-19 Menyumbangkan Plasma

Meskipun menerima stigma yang kurang bersahabat dari masyarakat, lebih dari 200 anggota Jamaat yang telah pulih dari COVID-19 secara sukarela menyumbangkan plasma untuk perawatan pasien lain.

Ini terjadi setelah kepala Jamaat Muhammad Saad Kandhlawi, yang menghadapi dakwaan pidana karena mengatur pertemuan bulan Maret di Delhi, merilis sebuah pernyataan pada hari Selasa, meminta anggota Jamaat menyumbangkan plasma darah mereka.

Plasma hanya dapat dikumpulkan dari orang yang telah dites positif dan kemudian pulih. Beberapa dokter mengatakan orang yang telah pulih dari virus dapat mengembangkan antibodi dalam darah mereka, yang disebut plasma pemulihan, yang dapat digunakan untuk melawan penyakit, meskipun beberapa ilmuwan membantah hal ini. Jamaat kini telah dipuji oleh beberapa media.

"Saya menyumbangkan plasma hari ini [Rabu] karena saya ingin membantu menemukan obat untuk virus yang tak kenal ampun ini dan membantu orang-orang yang menderita itu," kata Abdul Manan kepada Al Jazeera.

"Jika ini cara untuk membantu negara kita dalam memerangi virus, saya senang melakukannya beberapa kali lagi jika diperlukan."

Reporter: Yohana Belinda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini