Sukses

Saat Iron Man Jualan Aneka Takjil di Cirebon

Banyak cara menarik dan kreatif saat menikmati momen ngabuburit sambil berjualan aneka takjil di sejumlah titik kawasan Cirebon.

Liputan6.com, Cirebon - Tokoh film fiksi pahlawan Amerika Iron Man seakan tak punya pilihan lain di tengah pandemi covid-19.

Tiap sore hari di antara jalan Gunung Jati Kabupaten Cirebon, sosok Iron Man datang di tengah masyarakat menikmati ngabuburit. Namun, kedatangan Iron Man ini bukan untuk membasmi musuh sebagaimana diceritakan dalam film dan komik.

Iron Man ini juga bukan diperankan artis Hollywood Robert Downey, Jr, melainkan Zainal, warga Desa Klayan Kabupaten Cirebon.

"Apalagi sekarang lagi pandemi covid-19 saya manfaatkan cosplay yang saya punya untuk menjadi daya tarik orang yang sedang ngabuburit," kata Zainal warga Desa Klayan Kabupaten Cirebon, Rabu (29/4/2020).

Zainal merupakan Seniman Cosplay Cirebon yang biasa tampil menghibur anak-anak. Di tengah pandemi covid-19 ini, Zaenal memanfaatkan kostum cosplay pahlawan avenger Iron Man sambil berjualan aneka takjil.

Seperti kolak, aneka bubur, gorengan, telur asin, dan aneka jajanan lain khas Cirebon.

Biasanya, Zainal tampil di sebuah mal atau undangan acara ulang tahun dan sejenisnya. Zainal mengaku memanfaatkan waktu luang untuk berjualan sambil menghibur.

"Biar cosplay-nya tidak nganggur saya manfaatkan saja sambil menghibur anak-anak Cirebon. Mau beli atau tidak yang penting saya senang sudah menghibur," kata Zaenal.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Kreatif

Satu per satu bagian dari kostum Iron Man dipakainya. Dibantu oleh sang ayah, Zainal tampil maksimal sebagai Iron Man.

Sambil memegang salah satu takjil di tangan, pengunjung pun datang membeli. Tak ketinggalan, Zainal pun mengajak pembeli untuk selfie.

"Biasanya saya tiap akhir pekan manggung di mal tapi karena pandemi covid-19 kerjaan jadi sepi, tidak ada aktivitas dan pemasukan. Dari situ saya kepikiran menampilkan cosplay sambil jualan takjil biar cosplay-nya tidak nganggur," kata dia.

Zainal mengaku, di tengah pandemi covid-19 harus lebih kreatif. Biasanya, Zainal mendapat Rp200 ribu sampai Rp 300 ribu tiap kali tampil di mal.

Jika diundang untuk menghibur pada acara ulang tahun atau acara lain, dia memasang tarif mulai dari Rp 300 ribu. "Belum tahu bagaimana efeknya di penjualan karena kan baru beberapa hari jualan jadi masih lihat pasar," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.