Sukses

Tips Beramal Di Rumah Saat Ramadan Terbelenggu Corona COVID-19

Ingin tetap bisa beramal saat Ramadan, tapi tetap harus di rumah karena pandemi Corona COVID-19? Lakukan cara mudah dan aman ini.

Liputan6.com, Jakarta- Banyak perubahan yang tampak dan kita alami saat bulan suci Ramadan tiba di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. Aktivitas seperti bekerja, berbelanja, bertemu keluarga dan teman-teman harus diubah untuk menjaga keamanan dan kesehatan orang-orang sekitar yang kita sayangi. 

Selain aktivitas-aktivitas tersebut, bagaimana kita melakukan amal juga merupakan salah satu hal yang terpengaruh, seperti dikutip dari Gulf News, Kamis (30/4/2020). 

Dengan tidak adanya perayaan berbuka puasa secara umum selama Ramadan, kita harus menemukan alternatif lain untuk berbagi dengan mereka yang membutuhkan,sambil tetap menjaga keamanan dengan adanya anjuran untuk menjaga jarak karena situasi pandemi saat ini. 

Ada beberapa cara aman dan mudah yang dapat Anda lakukan untuk beramal saat Ramadan di tengah pandemi Virus Corona COVID-19. Di antaranya adalah dengan memberikan bantuan berupa bahan makanan secara online dengan menggunakan media sosial atau aplikasi tertentu, paket perawatan kesehatan dan bahan pokok, juga menyumbangkan donasi melalui situs laman amal resmi. 

Beramal masih bisa kita lakukan dengan adanya kekuatan teknologi digital seperti media sosial. Contohnya, Anda dapat menyumbangkan bahan makanan Anda untuk orang-orang yang kurang beruntung, dengan menawarkannya secara online atau berkontribusi dengan para organisasi amal melalui akun media sosial resmi mereka. 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Paket Perawatan Kebersihan dan Kebutuhan Pokok

Selain memberikan kebutuhan pokok, Anda dapat memberikan bantuan kepada para kurir pengirim barang, atau pengantar makanan. 

Dengan beberapa paket perawatan kecil yang berisikan perlengkapan mandi, pembersih tangan atau desinfektan, dan masker (jika Anda memiliki stok lebih), kartu isi ulang pulsa telepon, makanan siap saji (seperti mie instan atau snack) dan botol air. 

Anda dapat memberikan paket perawatan kesehatan dan kebutuhan pokok itu saat para pengantar barang atau makanan tiba dirumah untuk mengantarkan barang yang Anda pesan. 

 

3 dari 3 halaman

Donasi Online Melalui Laman Web Resmi

Selain membagikan kebutuhan pokok dan paket perawatan, Anda juga bisa melakukan donasi secara online melalui situs web resmi mereka. Salah satunya adalah situs web penggalang dana untuk membantu penderita kanker, atau petugas kesehatan yang menangani Corona COVID-19, contohnya. 

Salah satu situs web donasi di Indonesia yang bisa Anda kunjungi untuk beramal adalah Kitabisa.com.

Dikutip dari laman resminya yaitu Kitabisa.com, selain merupakan platform untuk menggalang dana dan berdonasi secara online, aktivitas amal cara ini juga dikenal sebagai crowdfunding di luar negeri. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.