Sukses

Empat Manfaat Mengenakan Sarung Tangan Saat Mengendarai Motor

Pengendara sepeda motor yang berada di wilayah penerapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar diwajibkan mengenakan masker dan sarung tangan.

Liputan6.com, Jakarta - Pengendara sepeda motor yang berada di wilayah penerapan status Pembatasan Sosial Berskala Besar diwajibkan mengenakan masker dan sarung tangan. Bicara sarung tangan, banyak pengendara motor yang masih mengabaikan perlengkapan berkendara yang satu ini.

Padahal, sarung tangan memiliki peran penting. Berikut empat manfaat menggunakan sarung tangan saat berkendara seperti dilansir Federal Oil.

Perlindungan

Gesekan konstan antara setang motor dengan kulit berpotensi menyebabkan lecet, terutama ketika sedang berkeringat.

Memakai sarung tangan dapat mencegah hal tersebut terjadi. Hal lain yang tak kalah penting ialah adanya gesekan lain yang menimbulkan ketidaknyamanan karena getaran saat berkendara.

Cengkraman

Beberapa jenis sarung tangan motor dilengkapi dengan karet, sehingga lebih mudah mencengkeram setang saat cuaca panas, basah, atau lembap. Jika cengkraman semakin baik, kontrol sepeda motor pun akan lebih baik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fungsi Lain

Menjaga Suhu

Sarung tangan juga berfungsi untuk memberikan kehangatan saat cuaca dingin karena hujan. Jika pengendara mencengkeram benda dingin seperti setang.

Sarung tangan akan membantu menghindari hipotermia saat melintasi daerah dingin. Di musim kemarau, sarung tangan juga berfungsi melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Keselamatan

Fungsi terakhir adalah fungsi yang paling esensial dari penggunaan sarung tangan saat mengendarai motor.

Sarung tangan akan membantu mengurangi cedera serius pada bagian tangan jika terjadi kecelakaan.

Biasanya, saat terjadi benturan atau jatuh gerak refleks tangan akan langsung melindungi bagian tubuh lainnya, hal ini berpotensi menyebabkan tangan terluka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.