Sukses

10 Lagu Religi Populer yang Bisa Menemani Aktivitas Anda Selama Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Selama bulan Ramadan, sebaiknya Anda menahan diri mendengarkan musik keras-keras karena khawatir menyinggung orang-orang yang berpuasa. Namun tidak apa jika Anda mendengarkan musik melalui headphone, karena mendengar musik juga bisa membuat kita lebih mengenal Allah dan Rasulnya.

Itu terserah Anda apakah perlu menghindari mendengarkan musik selama Ramadan atau tidak, tergantung apa yang Anda yakini. Hanya saja, jika Anda ingin mendengarkan musik, jangan menyetel musik kencang-kencang atau pelankan suaranya dimanapun Anda berada, mengutip dari Time Out Dubai.

Berikut ini pilihan lagu terbaru yang dapat Anda masukkan ke playlist Anda.

1. Tim Ricis - Assalamualaikum Temen-Temen

Meski baru dibentuk, Tim Ricis yang merupakan gabungan dari Ria Ricis dan teman-teman YouTuber-nya seperti Vazo Achmad, Wildan Alamsyah, Aryesh Jiannarta dan Derry Fransakti bersama dengan GMI Records dan Bigdonte Entertainment meluncurkan single religi yang mengusung konsep Fun Group seperti Project Pop.

Single perdana Tim Ricis berjudul ‘Assalamualaikum Temen-Temen’ dan single kedua berjudul ‘Saya Pamit’ telah ditonton sebanyak 2 juta lebih dan sempat menduduki trending di sejumlah platform musik digital seperti Joox dan Spotify.

2. Sabyan X Nagita Slavina - RAMADAN

Di bulan Ramadan, rasanya nama Sabyan selalu menjadi topik hangat di industri musik religi. Kali ini Sabyan berkolaborasi dengan Nagita Slavina membawakan lagu Ramadan. Lagu ini telah ditonton sebanyak 1,5 juta lebih dan menjadi trending di YouTube.

3. Selfi, Lesti, Rara, Putri, Aulia, Fildan, Faul, Reza- Ramadan Berkah 

Untuk pertamakalinya para penyanyi dangdut muda jebolan ajang pencarian bakat Indosiar bersatu menyanyikan lagu religi dalam menyambut bulan Ramadan. Dibawah naungan label rekaman 3D Entertainment dan artis management STREAM Entertainment, delapan penyanyi yang terdiri dari Selfi-Juara 1 Liga Dangdut Indonesia 2018, Lesti- Juara 1 Dangdut Academy musim pertama, Rara-Juara 2 Liga Dangdut Indonesia 2018, Putri-Juara 2 Dangdut Academy musim ke-4, Aulia-Juara 3 Dangdut Academy musim ke-4, Fildan-Juara 1 Dangdut Academy musim ke-4, Faul-Juara 1 Liga Dangdut Indonesia 2019 dan Reza-Juara 4 Dangdut Academy musim ke-2, merilis Music Video ‘Ramadan Berkah’.

Bersamaan dengan musibah Covid-19 yang terjadi di Indonesia, bahkan dunia saat ini, sebagai wujud kepedulian mereka terhadap penanganan wabah virus Corona, yang semakin memakan banyak korban, maka kedelapan penyanyi tersebut membuat program ‘Ramadan Berkah Berbagi’ dan mengkampanyekan dengan hastag #DangdutLawanCorona. Melalui program ini mereka akan mendonasikan hasil pendapatan dari Music Video ‘Ramadan Berkah’ yang dirilis pada 9 April 2020 melalui youtube channel 3D Entertainment. Selfi, Lesti, Rara, Putri, Aulia, Fildan, Faul dan Reza ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia, penikmat dangdut khususnya untuk ikut berdonasi dengan cara menonton Music Video Ramadan Berkah.

Hingga artikel ini dimuat, lagu ini cukup populer di YouTube dan telah ditonton sebanyak 1,7 juta.

2 dari 2 halaman

4. Menyambut Ramadhan - Anang Bersama Keluarga

Sesuai dengan situasi pandemi Covid-19 saat ini, Anang bersama keluarganya merilis lagu bernuansa ceria menyambut Ramadan sambil mengingatkan untuk tidak keluar Rumah dulu.

5. Aishwa dan Qeisya-Marhaban Ya Ramadhan

Dua kakak beradik ini cukup membuat gemas netizen dengan vokal ceria dalam menyambut bulan suci Ramadan, seolah membuat siapapun yang mendengarnya ingin turut serta bernyanyi bersama. Liriknya yang juga mudah dihapalkan cocok didengarkan bersama buah hati Anda sekaligus mengajarkan kewajiban berpuasa di bulan Ramadan.

Video ini telah ditonton 4,5 juta di YouTube.

6. UNGU-Jalan Panjangku 

Anggota Band UNGU yang beranggotakan Pasha, Enda, Oncy, Maki, dan Rowman ini menjadi salah satu band pop-rock yang dinantikan karya musik religinya. Dalam single terbarunya, "Jalan Panjangku", Enda sebagai penulis lagu menceritakan kegelisahannya terhadap kesiapannya untuk menghadap sang Khalik kelak dalam lirik lagunya.

7. Nisa Sabyan-Aisyah Istri Rasulullah (cover) 

Lagu ini telah ada sejak 2017 oleh band asal Malaysia, yaitu Projektor. Namun, kembali tenar pada tahun ini karena dicover oleh banyak penyanyi asal Indonesia, termasuk Nisa Sabyan. Lirik lagu ini menceritakan kisah Aisyah dan Rasulullah SAW sebagai suami-istri yang mesra.

8. Nazwa Maulidia-Allah Allah Aghisna الله الله أغثنا 

Lagu ini ramai setelah banyak yang meng-covernya. Liriknya yang dalam bahasa Arab berisi do'a kepada Allah dan Rasulullah. Lagu ini telah ditonton lebih dari 17 juta penonton.

9. Wali Band- Ngantri Ke Surga

Wali Band asal Tangerang ini kembali merilis album dalam menyambut Ramadan 2020. Seluruh lagu dalam albumnya mengingatkan ajaran Islam yang mungkin luput dari kehidupan sehari-hari kita. Salah satu lagunya yang berjudul Ngantri ke Surga mengingatkan kita ajaran Islam yang kita pelajari saat masih belia.

10. Nisa Sabyan - Al Wabaa' 

Lagu ini berisi do'a memohon belas kasih Allah dari bencana. Dengan harapan wabah Covid-19 kali ini segera berakhir.