Sukses

Selain Puasa, Ini 10 Amalan Sunah di Bulan Ramadan

Sepuluh amalan sunah ini patut dilakukan untuk menambah pahala.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan merupakan bulan yang istimewa bagi setiap umat muslim. Bulan ini merupakan Umat muslim memperingati bulan istimewa tersebut hanya selama setahun sekali.

Meski singkat, amalan yang akan didapat bila dilakukan di bulan mulia ini sangatlah istimewa. Umat muslim seringkali berlomba-lomba untuk meningkatkan amalan ibadah mereka pada bulan nan istimewa ini.

Oleh sebab itu bagi Anda umat muslim jangan sampai melewatkan momen di bulan yang mulia ini, bulan yang penuh dengan ampunan dan kesempatan terbaik untuk bertaubat. Hindari godaan-godaan setan yang sekiranya dapat membatalkan niat ibadah Anda.

Berikut ini adalah 10 amalan pada bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa yang dapat menambah pahala.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Tadarus dan Mengkhatamkan Al-Qur'an

Amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa adalah dengan membaca dan mengkhatamkan Alquran. Momen Ramadhan merupakan salah satu momen yang tepat untuk dijadikan rutinitas serta melebihkan dalam membaca Alquran. Khususnya bagi Anda yang jarang membaca Alquran di bulan lainnya.

Membaca Al-Quran memiliki banyak sekali kebaikan, terlebih Allah SWT akan melipatgandakan pahala pada setiap amalan yang dilakukan oleh umat Islam di bulan suci Ramadan ini.

Selain itu, usahakan juga untuk bisa khatam. Tidak hanya mengejar khatam Al-Quran, tapi perlu juga diperhatikan untuk membacanya dengan baik dan benar.

3 dari 11 halaman

2. Memperbanyak bersedekah

Salah satu amalan di bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa adalah dengan cara memperbanyak sedekah. Rasulullah SAW merupakan orang yang paling dermawan di antara manusia lainnya. Beliau semakin dermawan saat berada di bulan Ramadan (HR. Al-Bukhari No. 4711 dan Muslim No. 2307).

Oleh sebab itu, sudah semestinya sebagai umat Muslim untuk mencontoh beliau di bulan yang penuh barakah ini. Caranya dengan perbanyak sedekah, baik untuk kepentingan fi sabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

Nah, salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadan ini adalah dengan memberikan ifthar (hidangan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa.

4 dari 11 halaman

3. Melakukan Salat Tarawih

Ibadah sunah yang satu ini merupakan ibadah yang sangat khas yang hanya ada pada bulan Ramadan. Ibadah ini juga merupakan salah satu amalan di bulan Ramadan yang dilakukan selain puasa yang pahalanya tidak kalah berlipat-lipat besarnya. Maka dari itu, hendaknya sebagai umat muslim melakukan salat sunah tarawih sebagai bekal memperoleh pahala dan memperoleh ridha Allah SWT.

5 dari 11 halaman

Mendekatkan diri atau Iktikaf

Salah satu amalan di bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa yang selanjutnya adalah Iktikaf atau mendekatkan diri kepada Allah SWT. Iktikaf atau mendekatkan diri kepada Allah SWT ini biasa dilakukan di masjid pada saat bulan Ramadan.

Pada sebuah hadis disebutkan bahwa, dari Ibnu Umar RA (diriwayatkan bahwa) Ia berkata: Rasulullah SAW selalu beriktikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan. (HR. Al-Bukhari No. 2025 dan Muslim No. 2838).

Menurut para ulama, hukum Iktikaf ini adalah sunnah, tidak wajib. Kecuali jika Anda telah bernazar untuk beriktikaf karena sesuatu hal.

Waktu untuk beritikaf adalah di akhir bulan Ramadan atau 10 hari terakhir, sebagaimana hadits yang disampaikan Aisyah ra, Nabi shallallahu alaihi wa sallam beritikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadan hingga wafatnya kemudian istri-istri Beliau pun beriktikaf setelah kepergian beliau. (HR. Al-Bukhari No. 2016 dan Muslim No. 1172).

6 dari 11 halaman

Melakukan Zikir

Amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa selanjutnya adalah zikir. Keistimewaan zikir sesungguhnya pada malam dan siang Ramadan merupakan waktu-waktu yang mulia dan utama.

Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan waktu tersebut untuk melakukan zikir dan berdoa. Khususnya pada waktu-waktu yang istijabah, di antaranya saat berpusa hingga berbuka, saat malam terutama pada sepertiga malam terakhir, dan saat sahur.

7 dari 11 halaman

6. Melakukan Salat Lima Waktu

Selain menjadi kewajiban setiap umat muslim sehari-hari, pada saat datangnya bulan Ramadan hendaknya lebih meningkatkan tingkat ibadah dengan rajin salat lima waktu. Seperti yang dipercayai umat muslim, salat adalah tiang agama.

Jika Anda melaksanakan salat tepat waktu dan juga tanpa putus saat bulan Ramadan, bukan hanya pahalanya aja yang berlipat ganda. Tapi satu rakaat salat di bulan Ramadan ini juga pahalanya lebih berkah dibandingkan seribu rakaat di bulan lainnya.

8 dari 11 halaman

7. Berdakwah

Amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa yang berikutnya adalah melakukan dakwah atau menyebarkan ajaran kebaikan tentang agama Islam kepada orang lain. Berdakwah merupakan hal yang mulia karena tindakan tersebut merupakan seruan untuk kebaikan dan menghindari hal yang dilarang.

9 dari 11 halaman

8. Bertaubat

Ramadan merupakan bulan yang suci dan penuh ampunan. Amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa berikutnya adalah bertaubat.

Sangat dianjurkan untuk bertaubat di bulan suci Ramadan ini. Bahkan untuk mereka yang bersungguh-sungguh akan diibaratkan seperti bayi yang baru lahir, yaitu suci tanpa dosa. Bertaubat memang bisa dilakukan kapan saja, namun tidak ada salahnya untuk memohon ampunan kembali pada saat bulan Ramadan ini.

10 dari 11 halaman

9. Membayar Zakat

Amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa adalah membayar zakat. Zakat menjadi hal yang menyempurnakan amalan Anda pada saat melakukan ibadah di bulan Ramadan.

Oleh karena itu, diwajibkan bagi setiap umat muslim untuk senantias mengingat untuk membayar zakat pada saat melakukan ibadah puasa Ramadan agar ibadah Anda semakin sempurna.

11 dari 11 halaman

10. Umrah

Amalan bulan Ramadan yang dapat dilakukan selain puasa yang terakhir adalah melakukan ibadah umrah. Bagi para umat muslim yang telah merasa berkecukupan, usahakanlah untuk berangkat umrah pada bulan Ramadan karena nilanya setara dengan haji bersama Rasulullah SAW. Dengan merasakan Ramadan di Mekkah, pasti setiap orang akan lebih berfokus dan lebih mendekatkan diri kepada Allah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini