Sukses

AC Mobil Bau Apek Bisa Ganggu Puasa, Segera Cek Bagian Ini

Beberapa waktu belakangan ini, suhu di beberapa wilayah Indonesia terasa panas. Jika beraktivitas menggunakan mobil saat cuaca panas seperti ini dan terlebih lagi Anda tengah berpuasa tentunya akan tidak nyaman jika AC bermasalah.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu belakangan ini, suhu di beberapa wilayah Indonesia terasa panas. Jika beraktivitas menggunakan mobil saat cuaca panas seperti ini dan terlebih lagi Anda tengah berpuasa tentunya akan tidak nyaman jika AC bermasalah.

Sistem penyejuk udara atau AC pada mobil bertujuan untuk membuat pengemudi dan penumpang mobil merasa nyaman di dalam mobil. Agar terasa lebih segar, beberapa pengguna mobil bahkan menyematkan pewangi di kabin.

Nah, jika sudah ada pewangi tapi kabin masih apek, coba periksa beberapa hal. Bisa karena kabin mobil kotor akibat ada bekas makanan atau justru bau apek keluar dari udara yang diembuskan oleh AC.

Jika bau apek keluar dari AC mobil, itu bisa terjadi lantaran freon AC mulai berkurang.

Ingat, tanda freon mulai berkurang bukan hanya AC tak lagi dingin, tapi juga bisa mengeluarkan bau tak sedap seperti dijelaskan dalam situs Auto2000.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyebab Bau Apek

Bau apek itu muncul lantaran ruang evaporator yang lembab. Sehingga hembusan udara ke kabin akan menjadi bau apek.

Bau apek itu akan semakin menjadi-jadi jika evaporator AC juga sudah kotor.

Evaporator yang kotor akan membuat bau apek menjadi lebih menyengat.

Bau apek itu akan hilang dengan sendirinya jika freon diganti baru dan volumenya sesuai dengan yang direkomendasikan.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.