Sukses

Inisiasi Gerakan Masjid Bersih yang Tak Seperti Tahun-Tahun Sebelumnya

Bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI), PT Pertamina (Persero), dan PT Indah Logistik, Unilever Indonesia mendonasikan paket kebersihan pada 100 ribu masjid lewat gerakan Gerakan Masjid Bersih 2020.

Liputan6.com, Jakarta - PT Unilever Indonesia, Tbk. kembali menginisiasi Gerakan Masjid Bersih untuk mewujudkan masjid bersih dan nyaman, serta mengedukasi masyarakat akan pentingnya membiasakan perilaku hidup bersih, baik di lingkungan rumah maupun masjid.

Bekerja sama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI), PT Pertamina (Persero), dan PT Indah Logistik, berdasarkan siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu, 22 April 2020, melalui gerakan tahun ini, Unilever Indonesia mendonasikan paket kebersihan pada 100 ribu masjid di seluruh Indonesia.

Sancoyo Antarikso selaku Direktur Governance and Corporate Affairs PT Unilever Indonesia, Tbk menyampaikan bahwa di tengah kondisi sangat menantang di mana masyarakat dianjurkan membatasi aktivitas di luar rumah, tahun ini Gerakan Masjid Bersih hadir dengan format berbeda.

"Tahun ini kami tidak mengajak masyarakat untuk datang dan bekerja bakti membersihkan masjid, melainkan mendonasikan produk ke 100 ribu masjid di berbagai wilayah Indonesia guna membantu para marbut menjaga kebersihan masjid mereka,” ucapnya.

Ketua Umum Pengurus Pusat Dewan Masjid Indonesia, Muhammad Jusuf Kalla mengatakan, menjaga masjid terhindar dari virus dan kotoran adalah hukum agama karena kebersihan sebagian dari iman.

"Saya berterima kasih atas kerja sama Unilever dengan Dewan Masjid Indonesia yang sudah beberapa tahun terakhir menjalankan program kebersihan masjid, di mana program ini dapat jadi contoh cara membersihkan masjid dengan baik," tuturnya.

Walau sekarang tidak dibuka untuk salat jumat atau salat lima waktu, sambung Jusuf, keadaan masjid harus tetap bersih. Upaya yang dilakukan Unilever di Gerakan Masjid Bersih sejalan dengan semangat #MariBerbagiPeran.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalani Peran bagi Masyarakat

Sancoyo memaparkan, Unilever percaya bahwa semua pihak punya peranan masing-masing dalam menekan penyebaran corona COVID-19.

"Sebagai perusahaan yang produknya dekat dengan kehidupan masyarakat, kami mengambil peran dengan mendonasikan 300 ribu produk disinfektan lengkap berikut alat kebersihan melalui DMI, Pertamina, dan partner kami lain agar masjid bisa terjaga kebersihan," ucapnya.

Gerakan Masjid Bersih tahun ini juga memberi edukasi pada para marbut mengenai perilaku hidup bersih dan sehat, termasuk pentingnya menggunakan produk-produk yang tepat dan terbukti efisien dalam melawan virus, kuman, dan bakteri.

Pada kolaborasi perdana dengan PT Pertamina (Persero), Unilver Indonesia menyediakan dan menyalurkan paket, beserta edukasi kebersihan ke lima ribu masjid di sekitar SPBU Pertamina. Sedangkan PT Indah Logistik jadi mitra terpercaya untuk membantu mendistribusikan paket donasi ini ke masjid-masjid di seluruh Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.