Sukses

Ini Daftar 82 Lokasi Pemantauan Hilal Awal Ramadan 1441 H di Indonesia

Sidang isbat akan dilaksanakan pada Kamis 23 April 2020 melalui saluran teleconference.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal Ramadan 1441 H/2020 M. Rukyatul Hilal akan dilaksanakan hari ini, Kamis (23/4/2020) di 82 titik pemantauan yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin menyebut, rukyatul hilal akan dilaksanakan oleh petugas Kanwil Kemenag Provinsi bekerjasama dengan ormas Islam, BMKG, dan Mahkamah Agung (MA).

"Mereka akan melakukan pemantauan hilal di 82 titik yang telah ditetapkan. Titik pantau terbanyak di Jawa Timur sebanyak 27 lokasi, dan Jawa Barat dengan 8 lokasi," ujar Amin di Jakarta, Senin 20 April 2020.

Amin mengatakan, nantinya hasil dari rukyatul hilal dan data hisab posisi hilal awal Ramadan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk menentukan awal puasa Ramadan.

Di masa pandemi Corona atau Covid-19 ini, sidang isbat akan digelar dengan skema berbeda. Kemenag akan memanfaatkan sarana teleconference dalam sidang isbat tahun ini.

"Seiring kebijakan physical distancing dan sesuai protokol kesehatan, kita menghindari ada kerumunan. Masyarakat dapat menyaksikan proses isbat nanti melalui live streaming laman resmi dan media sosial Kementerian Agama," kata dia.

Dia mengatakan, sidang isbat akan dibagi dalam tiga sesi. Sesi pertama, paparan posisi hilal awal Ramadan 1441 H oleh anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama Cecep Nurwendaya. Setelah Magrib, sidang isbat digelar secara tertutup.

Sidang ini hanya dihadiri secara fisik oleh perwakilan MUI, DPR, serta Menag Fachrul Razi, Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, dan Dirjen Bimas Islam. Para tokoh ormas yang diundang, bisa mengikuti dan berdialog dalam proses sidang ini melalui meeting room online yang akan dibagikan tautan, ID, dan password-nya.

Hasil sidang isbat, lanjut Kamaruddin akan diumumkan secara terbuka oleh Menag Fachrul Razi melalui telekonferensi pers.

"Publik bisa mengikutinya melalui live streaming web dan medsos Kemenag," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daftar 82 Lokasi Pemantauan Hilal

Berikut daftar lokasi pelaksanaan pemantauan hilal penetapan awal Ramadan 1440H/2020M:

Di Aceh, yakni Observatorium Tgk. Chiek Kuta Karang, Lhokseumawe Bukit Poly Komplek Perta Aron, Aceh Jaya Gunung Cring Cran, Pantai Suak Geudeubang Kab. Aceh Barat, Aceh Selatan Pantai Lhok Keutapang, Simeulue, Pantai Teluk Dalam, Tugu "KM. 0" Indonesia, Kota Sabang

Di Sumatera Utara, Lantai IX Kantor Gubernur Sumut dan Observatorium OIF UMSU. Di Sumatera Barat, Gedung Shelter Masjid Nurul Huda Parupuk Tabing. Di Riau, Hotel Premier Pekanbaru Di Kepulauan Riau, Bukit Cermin. Di Jambi, Hotel Odua Weston, dan Sumatera Selatan di Hotel Aryaduta.

Bangka Belitung di Pantai Penagan, Pantai Tanjung Pandam, dan Pantai Tanjung Kalian Muntok, Bengkulu di Dak Mess Pemda Prov. Bengkulu. Lampung di POB Bukit Gelumpai Pantai Canti Kalianda Lampung Selatan.

DKI Jakarta di Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta lt. 71. Jawa Barat di POB Cibeas Pelabuhan Ratu, Bosscha Lembang Bandung, Kab. Bandung Barat, Gunung Babakan Kota Banjar, Pantai Santolo Pamengpeuk Kab. Garut, Pantai Cipatujah Kab. Tasikmalaya, Pantai Gebang Kab. Cirebon, SMA Astha Hannas Binong Kab. Subang, dan Pantai Pondok Bali Kab. Subang. Banten di Alissa Anyer.

Jawa Tengah di Menara Al-Husna Masjid Agung Jawa Tengah Semarang, Wisata Mangrove Kaliwlingi Brebes, Pantai Binangun Lasem Rembang. DI Yogyakarta di POB Syekh Bela Belu, Bantul Parang Tritis Yogyakarta, Bukit Brambang Patuk Gunungkidul.

Jawa Timur di Pantai Sunan Drajat /Tanjung Kodok Paciran Lamongan, Bukit Condrodipo Gresik, Pantai Bawean Kab. Gresik, Lapan, Jl. Watukosek Gempol Kab. Pasuruan, Ponpes Bayat Al Hikmah Pasuruan Kota, Bukit Banyu Urip Kec. Senori Kab. Tuban, Bukit Wonocolo Bojonegoro, Pantai Duta Probolinggo, Pulau Gili Kab. Probolinggo, Gunung Sekekep Wagir Kidul Kec. Pulung Kab. Ponorogo, Pantai Gebang Bangkalan, Helipad AURI Ngliyep Kab. Malang, Pantai Serang Kab. Blitar, Bukit Wonotirto Blitar, Pantai Srau Pacitan, Pantai Kasap Pacitan, Pantai Nyamplong Kobong Jember, Gunung Sadeng Jember, Pantai Pacinan Situbondo, Pantai Pancur Alas Purwo Banyuwangi, Bukit Gumuk Klasi Indah Banyuwangi, Pantai Ambat Tlanakan Pamekasan, Pantai Sapo Ds. Sergang Kec. Batuputih Kab. Sumenep, Pantai Kalisangka Kangean Sumenep, Pantai Taneros Sumenep, Satuan Radar (Satrad) 222 Ploso di Kaboh Kab. Jombang, Lereng Gunung Pandan Madiun

Kalimantan Barat di Pantai Indah Kakap, Kec. Sungai Kakap, Kab. Kubu Raya. Kalimantan Tengah di Hotel Aquarius Jl. Imam Bonjol Palangkaraya. Kalimantan Timur di Menara Asma'ul Husna Masjid Baitul Muttaqin Islamic Center Samarinda. Kalimantan Selatan di atas Bank Kalsel Banjarmasin. Kalimantan Utara di Tanjung Selor Gunung KNIP.

Bali di Hotel Patra Jasa Pantai Kuta, Badung Bali. NTB di Taman Rekreasi Loang Baloq. NTT di halaman Masjid Nurul Hidayah. Sulawesi Selatan di Pantai Sumpang Binangae Kab. Barru, Sulawesi Barat di Tanjung Mercusuar Sumare Kec. Simboro Kab. Mamuju.

Sulawesi Tenggara, di Pantai Wolulu Kec. Watubangga Kab. Kolaka. Sulawesi Utara di area parkir Apartemen Mtc Kota Manado. Gorontalo di Desa Bulango Raya Kec. Tomilito Kab. Gorontalo Utara. Sulawesi Tengah di Gedung Hisab Rukyat Kemenag Ds. Marana Kec. Sindue Kab. Donggala

Maluku di Desa Wakasihu Kec. Leihitu Barat Kab. Maluku Tengah. Maluku Utara di Pantai Desa Ropu Tengah Balu Jailolo Halmahera Barat, POB BMKG Afe Taduma. Papua di Pantai Lampu Satu Marauke. Papua Barat di Menara Masjid Agung Al Hidayah Fak-Fak, Alun-alun Kimana Kab. Kaimana, Tanjung Kasuari, Kota Sorong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.