Sukses

Badan Kemanusiaan Turki Berbagi Bantuan ke 10 Juta Orang di Dunia Saat Ramadan

Bulan Sabit Merah Turki (Turkish Red Crescent) menargetkan bantuan untuk 10 juta orang baik di Turki dan di seluruh dunia selama bulan suci Ramadan.

Liputan6.com, Ankara- Selama bulan suci Ramadan saat pandemi Virus Corona COVID-19 terus berlanjut, Bulan Sabit Merah Turki (Turkish Red Crescent) menargetkan bantuan untuk menjangkau 10 juta orang baik di Turki maupun seluruh dunia. 

Kepala Bulan Sabit Merah Turki, yaitu Kerem Kinik, menyampaikan kepada wartawan tentang bantuan yang akan didistribusikan selama bulan Ramadan. Penyampaian itupun digelar dalam sebuah konferensi video, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Jumat, (17/4/2020).

"Tahun ini, kami mengalokasikan sebagian besar operasi untuk yang membutuhkan di Turki karena pandemi Virus Corona, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," kata Kerem Kinik dalam konferensi video itu. 

Namun, Kerem Kinik menambahkan bahwa badan kemanusiaan tersebut juga akan menjangkau banyak daerah yang mengalami kemiskinan, perang, dan bencana alam di seluruh dunia. 

Kerem Kinik mengatakan bahwa paket makanan kepada setengah juta orang di 16 negara di seluruh dunia akan dikirimkan oleh Bulan Sabit Merah Turki, yang di antaranya termasuk Bosnia dan Herzegovina, Bulgaria, Republik Turki Siprus Utara, Palestina, Suriah, Irak, Sudan Selatan, Somalia, Afghanistan, Pakistan, Bangladesh , Rakhine, dan Senegal di bulan Ramadan. 

 

Saksikan Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan Untuk Ratusan Ribu Keluarga

Kerem Kinik mengatakan bahwa Bulan Sabit Merah Turki telah menjangkau 38 negara dan 400 wilayah di Turki selama Ramadan pada tahun lalu.

Total anggaran badan kemanusiaan itu untuk tahun ini dikatakan sebanyak 207 juta lira Turki (Rp 467 miliar).

Bantuan makanan akan dikirimkan kepada 610.000 keluarga, sekitar 2,5 juta orang, di Turki, kata Kerem Kinik. Bantuan itu dikatakan akan didistribusikan baik dalam bentuk uang tunai dan barang. 

 "Tahun ini, kami juga akan mengirim kode kepada mereka yang membutuhkan melalui pesan teks untuk belanja bahan makanan dengan kode di toko-toko terkait selama Ramadan," lanjut Kerem Kinik.

Kepala badan kemanusiaan itu menggarisbawahi bahwa selain membagikan paket makanan, masker dan sanitizer yang diproduksi oleh badan bantuan, Bulan Sabit Merah Turki juga akan mengorganisir 3 juta iftar, buka puasa, dan makanan untuk mereka yang tinggal di rumah untuk berbagai alasan di Turki. 

Kiriman makanan untuk berbuka puasa akan diberikan kepada 4.000 petugas kesehatan yang akan bekerja di rumah sakit untuk memerangi pandemi selama Ramadan.

Selain itu, paket perawatan pribadi dan sanitizer juga akan dibagikan untuk 550.000 keluarga dan menyediakan 400 lira Turki (Rp. 898,929) per bulan untuk 215.000 keluarga di Turki selama Ramadan.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.