Sukses

Manfaatkan WFH di Bulan Puasa dengan Melakukan Perawatan Sepeda Motor

Liputan6.com, Jakarta - Ramadan tahun ini dibayangi pandemi Corona Covid-19. Besar kemungkinan, di awal bulan puasa nanti masyarakat khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya masih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Bagi yang sedang menerapkan anjuran work from home (WFH) selain menyelesaikan pekerjaan kantor di rumah, Anda juga bisa mengerjakan sesuatu di sela waktu. Melakukan perawatan ringan terhadap kendaraan kesayangan, misalnya.

Seperti dilansir Federal Oil, terdapat beberapa tips ringan yang bisa dilakukan pemilik kendaraan di rumah agar performa motor tetap maksimal meski jarang digunakan.

Hal pertama ialah melakukan pencucian menyeluruh pada sepeda motor. Bersihkan bagian bodi, mesin hingga bawah jok.

Selain lebih bersih, Anda juga bisa mengetahui beragam kemungkinan kerusakan seperti lecet pada bodi ataupun terdapat rembesan pada bagian mesin.

Tak lupa periksa kondisi oli dengan membuka deepstick pada mesin. Perhatikan dengan baik keenceran oli, apakah peluma yang terdapat pada mesin masih layak digunakan.

Cek kondisi rantai apabila motor yang dimilik bertipe sport dan bebek. Khusus skuter matik, pemilik bisa menyalakan motor dan mendengarkan dengan baik suara mesin dan CVT.

2 dari 2 halaman

Seluruh Komponen Harus Diperiksa

Apabila terdapat suara pada bagian tersebut, jangan membongkarnya secara sembarangan. Perlu pengetahuan khusus untuk memperbaiki bagian mesin kendaraan bermotor.

Pemeriksaan terakhir yang harus dilakukan ialah memastikan seluruh komponen penting untuk berkendara berfungsi dengan baik. Hal itu meliputi lampu, kanvas rem, kondisi tekanan angin dan alur ban.