Sukses

5 Amalan Ramadan di Rumah yang Menambah Pahala

Liputan6.com, Jakarta Menyambut bulan suci Ramadan, umat muslim dianjurkan segera bertaubat dan melakukan banyak perbuatan baik. Sebab mendapat kesempatan bertemu kembali dengan bulan suci Ramadan adalah sebuah berkah dan ebahagiaan yang tiada taranya.

Sebagai umat muslim kesempatan ini harusnya tidak disia-siakan. Pahala di bulan Ramadan memiliki keistimewaan dibanding dengan bulan lainnya. Di bulan yang penuh keberkahan ini semua amalan dilipat gandakan pahalanya. Ramadan dimaknai dengan sejuta kemuliaan.

Dilansir dari nu.or.id, Ramadan terbilang bulan istimewa bagi umat Islam. Terdapat banyak keberkahan dan ampunan di dalamnya. Bahkan dalam sebuah hadis dikatakan, "pintu surga dibuka selebar-lebarnya, pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu pada saat Ramadan," (HR Al-Bukhari).

Tak hanya dari pahala puasa saja yang bisa kamu dapatkan, melainkan masih banyak lagi amalan baik lainnya. Berikut ulasannya:

1. Salat malam

Salat malam merupakan ibadah yang memiliki banyak pahala di bulan biasa. Apalagi kalau dikerjakan saat bulan Ramadan.

Hadist Nabi berbunyi yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiyallahu`anhu berkata, “jangan tinggalkan Salat malam, karena sesungguhnya Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkannya. Apabila beliau sakit atau melemah maka beliau Salat dengan duduk.” [HR. Abu Dawud & Ahmad]

2. Memberi makan orang puasa

Memberi makan orang puasa bisa dilakukan saat memberi takjil. Amalan ini akan mendapatkan pahala dari orang yang berpuasa tersebut. Rasulullah SAW bersabda, “siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5: 192. Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadit ini shahih).

 

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Tadarus

Tadarus atau membaca Alquran memiliki kemuliaan besar di bulan Ramadan. Membaca satu huruf Alquran akan diberikan sepuluh kebaikan. Nabi Muhammad SAW bersabda dalam hadisnya, yang berbunyi, "Nabi Muhammad saw: puasa dan Alquran keduanya akan memberikan syafa’at kepada seorang hamba pada hari kiamat…,” (HR. Ahmad dan Al-Hakim).

4. Memperbanyak bersedekah

Di bulan suci nan berkah ini manusia diharapkan untuk bisa memperbanyak sedekah. Rasa empati terhadap orang yang lebih membutuhkan. Imam Izzudin al-Sulami mengatakan orang yang berpuasa ketika dia merasakan lapar, dia mengingat rasa lapar itu. Hal itulah yang memberikan dorongan kepadanya untuk memberi makan pada orang yang lapar. (Imam Izzuddin bin Abdissalam al-Sulami, Maqâshid al-Shaum, hlm 16).

5. Memperbanyak zikir

Bulan Ramadan, seluruh waktu memiliki kemuliaan. Dari pagi hingga malam hari. Maka dari itu perbanyaklah berzikir dan mohon ampun kepada Allah. Allah pernah berfirnan di Alquran surat Al-Dzaariyat ayat 18, yang artinya: - Beristighfar di waktu sahur, seperti yang Allah firmankan, “Dan di akhir-akhir malam mereka memohon ampun (kepada Allah).” (QS. Al-Dzaariyat: 18)

 

Disadur dari Brilio. Penulis: Nur Luthfiana Hardian