Sukses

Imbauan KPAI untuk Pemudik yang Mengendarai Mobil

Liputan6.com, Jakarta Mobil pribadi menjadi salah satu moda transportasi yang dipilih pemudik untuk mudik Lebaran 2019. Kenyamanan di dalam mobil sendiri termasuk indikator utama yang dipilih pemudik.

Demi memaksimalkan kenyamanan dan keamanan menggunakan mobil saat mudik, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) memberikan saran terbaik.

"Bagi pemudik yang akan mudik Lebaran menggunakan mobil pribadi, pastikan mobil dalam keadaan prima. Periksa kondisi mesin, oli mesin, serta ban cadangan," tutur Ketua KPAI Susanto sesuai keterangan rilis, ditulis Kamis (30/5/2019).

Pastikan kendaraan dalam kondisi prima dan telah melakukan perawatan rutin di bengkel resmi. Periksa juga kelistrikan yang meliputi lampu-lampu termasuk air conditioner (AC).

Lakukan pengecekan kondisi kaca film khususnya perjalanan mudik pada siang hari. Agar tidak cepat lelah saat berkendara, pemudik bisa membawa pelindung mata.

2 dari 2 halaman

Periksa Perlengkapan Mobil

Tak hanya persiapan fisik mobil saja, perlengkapan mobil pun perlu dipersiapkan. Bawa kelengkapan surat-surat yang diperlukan dan uang tunai secukupnya.

Sebaiknya taruh muatan di dalam kabin mobil agar lebih aman. Muatan yang dibawa jangan sampai menghalangi visibilitas terutama kaca spion ke arah belakang mobil.

"Periksa juga perlengkapan dalam mobil, seperti senter, segitiga pengaman, dongkrak, payung, dan jas hujan. Untuk berjaga-jaga soal kesehatan, jangan lupa bawa kotak P3K," tutup Susanto.  

Loading