Sukses

Cara Atur Keuangan Saat Libur Lebaran Disertai Tips Biaya Tak Terduga

Cara atur keuangan saat libur lebaran perlu benar-benar diperhatikan agar pengeluaran tidak membengkak.

Liputan6.com, Jakarta Cara atur keuangan saat libur lebaran tentunya harus dipahami setiap orang. Apalagi hari libur lebaran ini menjadi ajang berkumpul dan bersilaturrahmi keluarga yang biasanya membutuhkan lumayan banyak pengeluaran.

Selain itu, saat libur lebaran ini banyak barang kebutuhan pokok yang harganya naik. Belum lagi pengeluaran-pengeluaran lain seperti memberikan THR untuk anak-anak, makan di luar bersama teman-teman, zakat, serta pengeluaran saat mudik.

Cara atur keuangan saat libur lebaran perlu benar-benar diperhatikan agar pengeluaran tidak membengkak. Berbagai cara bisa kamu lakukan mulai dari menahan keinginan-keinginan yang tidak begitu dibutuhkan dan menekan pengeluaran yang belum diperlukan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/6/2019) tentang cara atur keuangan saat libur lebaran.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengeluaran Saat Lebaran

Pengeluaran saat lebaran biasanya akan lebih banyak daripada di hari-hari biasa. Hal ini terkait dengan euforia datangnya hari yang spesial sekali dalam setahun. Akibatnya banyak orang yang kalap dan menghabiskan banyak uang di hari lebaran ini. Oleh karena itu, setiap orang perlu tahu cara atur keuangan saat libur lebaran. Berbagai pengeluaran yang diperlukan di hari lebaran harus diatur dan direncanakan sedemikian rupa agar kamu tidak menyesal setelah lebaran.  

Pengeluaran pertama yang tentunya juga merupakan pengeluaran paling utama adalah biaya mudik atau tiket mudik. Cara atur keuangan saat libur lebaran tentu harus diawali dengan biaya mudik yang merupakan awal kegiatan lebaran.

Sebelum melaksanakan mudik lebaran, kamu harus terlebih dahulu merencakanan cara atur keuangan saat libur lebaran. Biaya mudik merupakan prioritas utama pengeluaran saat lebaran karena bila kamu tidak bisa menyediakan biaya mudik, maka tidak aka nada lebaran di kampung halaman untukmu.

 

 

 

 

3 dari 5 halaman

Pengeluaran pakaian dan kuliner

Pengeluaran pakaian dan THR untuk sanak saudara

Pengeluaran selanjutnya yang tak kalah penting adalah pakaian. Pengeluaran untuk membeli pakaian juga harus memiliki cara atur keuangan saat libur lebaran. Kamu bisa berhemat dari biaya pakaian ini karena biaya untuk membeli pakaian baru bisa dipilih.

Kamu bias memilih pakaian dengan harga murah untuk berhemat. Kamu juga bisa mengombinasikan pakaian baru yang kamu beli dengan pakaian lama, sehingga tidak perlu beli baju lebaran banyak-banyak. Cara atur keuangan saat libur lebaran akan efektif bila kamu bisa menekan pengeluaran pada pakaian ini.

Selain itu, dalam memilih sepatu kamu bisa memilih sepatu yang tahan lama. Kamu juga bisa membeli sepatu yang bisa dibawa untuk berbagai macam acara agar menghemat pengeluaran di saat lebaran. Pengeluaran selanjutnya adalah pengeluaran THR.

Tradisi pemberian THR di Indonesia memang sudah tidak bisa dielakkan. Bagi orang dewasa yang sudah berpenghasilan lebih wajib untuk mengetahui cara atur keuangan saat libut lebaran terutama dalam pengeluaran THR ini.

Kamu harus memikirkan dan mempertimbangkan berapa THR yang akan kamu berikan untuk satu anak, dan memikirkan berapa anak yang harus kamu beri THR di keluarga. Memberikan THR merupakan kebahagiaan tersendiri baik bagia yang memberikan maupun bagi anak-anak yang menerimanya.  

 

Pengeluaran Kuliner

Pengeluaran selanjutnya merupakan pengeluaran untuk kuliner khas lebaran. Pengeluaran untuk kuliner khas lebaran ini bisa ditekan bila kamu memasaknya sendiri dan tidak membelinya dari toko.

Namun tentunya kamu harus benar-benar pintar memasaknya agar memberikan yang terbaik untuk para tamu. Cara atur keuangan saat libur lebaran satu ini bisa dilakukan dengan membeli kue lebaran yang harganya murah namun tetap berkualitas.

4 dari 5 halaman

Pengeluaran mempercantik rumah

Pengeluaran selanjutnya adalah mempercantik rumah dan mempercantik diri dengan perhiasan. Dua hal ini benar-benar mengharuskan kamu untuk tahu cara atur keuangan saat libur lebaran. bagaimana tidak, dua hal ini sebanarnya merupakan kebutuhan sekunder saat lebaran, namun tetap saja cukup penting.

Apalagi untuk mempercantik rumah, tentunya kamu tidak ingin para tamu melihat rumahmu masih belepotan dan seperti kapal pecah. Untuk itu, cara atur keuangan saat libur lebaran untuk masalah ini adalah melakukan hal tersebut sendiri atau dengan keluarga saja. Kamu tidak perlu membayar orang untuk mempercantik rumah.

Kamu bisa mengecat, melakukan perbaikan atau mengganti perabotan dengan biaya yang lebih ditekan bila dilakukan sendiri. Sedangkan mempercantik diri dengan perhiasan bukanlah prioritas utama bila kamu ingin menghemat keuangan saat lebaran.

5 dari 5 halaman

Pengaturan Keuangan Saat Lebaran

Cara atur keuangan saat lebaran sangatlah penting dalam pemenuhan kebutuhan lebaran. Jangan sampai kamu kehabisan uang setelah lebaran karena terlalu boros. Jadi yang paling penting adalah merencakanan pengeluaran apa saja yang dirasa perlu dan tidak saat libur lebaran dan emnentukan prioritas masing-masingnya.

Biaya Tak Terduga Saat Libur Lebaran

Namun, tentunya kamu tidak bisa menebak-nebak apa yang akan terjadi saat lebaran. Akan selalu ada biaya tak terduga yang perlu kamu pikirkan. Biaya-biaya seperti oleh-oleh, akomodasi di kampung halaman, kebutuhan logistik, keutuhan internet, dan bila ada yang sakit tetap harus kamu perhatikan. Untuk itu, kamu perlu tahu beberapa tips dalam mempersiapkan biaya tak terduga ini sebagai cara atur keuangan saat libur lebaran.

Tips Mempersiapkan Biaya Tak Terduga saat Libur Lebaran

Dalam meminimalkan biaya tak terduga saat libur lebaran, kamu bisa membuat daftar keperluan primer dan sekunder. Keperluan primer seperti obat-obatan serta akomodasi merupakan keperluan primer dan harus diprioritaskan. Dan keperluan sekunder bisa diminimalkan dengan memilih harga yang murah dan wajar. Daftar prioritas juga perlu dibuat untuk menekan pengeluaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini