Sukses

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Selasa 28 Mei 2019 dan Menu Buka Puasa untuk Diet

Jadwal buka puasa hari ini Selasa 28 Mei 2019 perlu diketahui.

Liputan6.com, Jakarta Jadwal buka puasa hari ini Selasa 28 Mei 2019 adalah jadwal penting yang harus diketahui saat berpuasa. Usai menahan lapar dan haus dari terbit fajar hingga terbenam matahari, berbuka puasa adalah waktu yang paling ditunggu.

Jadwal buka puasa hari ini Selasa 28 Mei 2019 juga digunakan sebagai patokan untuk waktu berbuka yang jatuh pada waktu salat Maghrib. Puasa memiliki manfaat tak terhingga bagi umat Islam yang menjalaninya.

Di Indonesia, jadwal buka puasa hari ini Selasa 28 Mei 2019 berbeda antar daerah. Hal ini karena adanya perbedaan zona waktu. Meski terkadang hanya selisih beberapa menit, penting untuk mengetahui jadwal buka puasa yang tepat di masing-masing daerah.

Nah, agar keberkahan semakin meliputi dengan menyegerakan berbuka, berikut jadwal buka puasa hari ini Selasa 28 Mei 2019 untuk beberapa kota besar di Indonesia yang dirangkum Liputan6.com dari laman Kementrian Agama Republik Indonesia, Selasa (28/5/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Jadwal buka puasa hari ini Selasa 28 Mei 2019

Berikut jadwal buka puasa hari ini Selasa 28 Mei 2019, 23 Ramadan 1440H di kota-kota besar Indonesia:

Jakarta: 17.47 WIB

Bandung: 17.47 WIB

Surabaya: 17.22 WIB

Jogja: 17.30 WIB

Banda Aceh: 18.52 WIB

Medan: 18.35 WIB

Padang: 18.21 WIB

Palembang: 18.00 WIB

Solo: 17.29 WIB

Malang: 17.21 WIB

Pontianak: 17.47 WIB

Banjarmasin: 18.20 WIB

Denpasar: 18.10 WIB

Makassar: 17.58 WIB

Palu: 18.03 WIB

Ambon: 18.26 WIB

Jayapura: 17.37 WIB

3 dari 5 halaman

Menu Buka Puasa yang Cocok untuk Diet

Kentang rebus

Kentang rebus cocok menjadi menu buka puasa yang cocok untuk diet. Kentang rebus memiliki beberapa sifat yang menjadikannya makanan sempurna baik untuk menurunkan berat badan atau kesehatan yang optimal. Kentang mengandung beragam nutrisi yang kamu butuhkan. Kentang sangat tinggi kalium, nutrisi yang memainkan peran penting dalam kontrol tekanan darah.

Jika kamu membiarkan kentang mendingin sebentar setelah mendidih, mereka akan membentuk pati resisten dalam jumlah tinggi, zat seperti serat yang telah terbukti memiliki berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan berat badan.

Sup

Makanan dengan kepadatan energi rendah cenderung membuat orang makan lebih sedikit kalori. Sebagian besar makanan dengan kepadatan energi rendah adalah makanan yang mengandung banyak air, seperti sayuran dan buah-buahan. Tapi kamu juga bisa menambahkan air ke makanan dengan membuat sup.

Untuk berbuka, kamu dapat membuat sup jagung, sup tomat, sup kentang, atau sup ayam. Pastikan untuk tidak menambahkan terlalu banyak lemak ke sup, seperti krim atau santan, karena ini dapat secara signifikan meningkatkan kandungan kalorinya.

 

4 dari 5 halaman

Menu Buka Puasa yang Cocok untuk Diet

Telur Utuh

Meskipun asupan telur yang tinggi meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL pada beberapa orang, telur adalah salah satu makanan terbaik untuk dikonsumsi jika kamu perlu menurunkan berat badan. Mereka tinggi protein dan lemak, dan sangat mengenyangkan. Agar lebih sehat, kamu bisa menyatap telur yang direbus.

Telur juga padat nutrisi dan dapat membantu Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan dalam diet terbatas kalori. Menariknya, hampir semua nutrisi ditemukan dalam kuning telur.

Sayuran hijau

Sayuran hijau termasuk kangkung, bayam, sawi dan beberapa lainnya. Mereka memiliki beberapa sifat yang membuatnya sempurna untuk diet penurunan berat badan, seperti rendah kalori dan karbohidrat dan sarat dengan serat. Kamu bisa mengolah sayuran hijau menjadi salad untuk berbuka atau ditumis untuk menu makan besar.

Mengonsumsi sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan volume makanan, tanpa menambah kalori. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa makanan dan diet dengan kepadatan energi rendah membuat orang makan lebih sedikit kalori secara keseluruhan.

 

5 dari 5 halaman

Menu Buka Puasa yang Cocok untuk Diet

Alpukat

Alpukat adalah buah yang unik. Sementara sebagian besar buah-buahan mengandung karbohidrat tinggi, alpukat sarat dengan lemak sehat. Alpukat sangat tinggi dalam asam oleat tak jenuh tunggal, jenis lemak yang sama ditemukan dalam minyak zaitun.

Meskipun sebagian besar terdiri dari lemak, alpukat juga mengandung banyak air dan serat, membuatnya kurang padat energi. Kamu bisa berbuka dengan alpukat segar. Pilihan lain, campurkan pada salad buah atau makan bersama roti gandum.

Salmon dan tuna

Ikan berlemak seperti salmon sangat sehat dan sangat memuaskan, membuat Anda kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang relatif sedikit. Salmon sarat dengan protein berkualitas tinggi, lemak sehat dan berbagai nutrisi penting.

Tuna adalah makanan rendah kalori dan lemak, namun tinggi protein. Tuna populer di kalangan binaragawan dan model kebugaran yang sedang giat, karena ini cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein sambil menjaga total kalori dan lemak tetap rendah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.