Sukses

Polisi Tangkap Pocong Palsu yang Bikin Heboh Warga Pemalang di Malam Ramadan

Warga Pemalang, terutama yang bermukim di Kelurahan Mulyoharjo, dibuat heboh dengan keberadaan penampakan pocong.

Liputan6.com, Pemalang - Warga Pemalang, terutama yang bermukim di Kelurahan Mulyoharjo, dibuat heboh dengan keberadaan penampakan pocong. Hantu pocong beberapa kali terlihat di Jalan Tentara Pelajar, Dukuh Glintang usai tarawih hingga dini hari.  

Penampakan hantu pocong ini tentu sangat meresahkan warga. Pasalnya, hantu pocong ini kerap tiba-tiba muncul dan menakut-nakuti warga yang tengah melintas dengan kendaraan. Dikhawatirkan terjadi kecelakaan lalu lintas akibat takut berlebih.

Warga pun kemudian berinisiatif mencari tahu keberadaan sosok hantu pocong diduga palsu ini. Tiap malam, warga ronda ke lokasi penampakannya. Mereka mengintai saat hantu pocong kerap terlihat pada dini hari.

Namun, sepertinya hantu pocong ini tahu sedang diintai. Hantu pocong tak lagi menampakkan diri. Belakangan diketahui, hantu pocong ini telah berpindah tempat. Warga lantas melaporkan penampakan hantu pocong ini ke Polsek Pemalang.

"Muncul penampakan hantu pocong yang menakut-nakuti pengendara sepeda motor di jam sehabis tarawih hingga jelang sahur khususnya kepada ibu-ibu pengendara sepeda motor yang melewati jalur tersebut," kata Kapolsek Pemalang AKP I Ketut Mara, dalam keterangannya, Minggu malam, (26/5/2019).

Keresahan warga sangat beralasan. Hantu pocong adalah salah satu jenis hantu yang begitu familiar dalam khazanah cerita hantu Indonesia, bersanding dengan Kuntilanak atau Gendurwo. Warga begitu takut dengan hantu-hantu ini.

Dari laporan tersebut, personel Unit Satreskrim Polsek Pemalang mulai menyelidiki keberadaan hantu pocong ini. Kepolisian Pemalang tak ingin kekhusyukan Ramadan warga terganggu oleh hantu pocong yang berkeliaran.

Minggu dini hari, sekitar pukul 03.00 WIB, akhirnya polisi menemukan titik terang keberadaan hantu pocong ini. Warga melapor bahwa hantu itu kembali tampak di Jalan Tentara Pelajar.

Secepat kilat, personel Polsek Pemalang meluncur ke lokasi. Benar saja, di jalan ini polisi mendapati sesosok hantu pocong. Bahkan, hantu pocong itu sempat menakut-nakuti polisi yang tengah melintas.

"Saat anggota reskrim melaksanakan patroli mendapati penampakan pocong yang ternyata setelah dihampiri pocong tersebut adalah seorang laki-laki alias pocong palsu," ucap Kapolsek.

Usai tertangkap, pocong tersebut dibawa ke Markas Polsek Pemalang. Belakangan diketahui, hantu pocong palsu itu adalah seorang remaja bernama AM (15), warga Mulyoharjo.

Saat diperiksa, AM mengaku menyaru sebagai hantu pocong dengan alasan iseng belaka. Lantaran usianya yang masih di bawah umur, polisi hanya membina AM dan mengembalikan ke orangtuanya.

 

Simak juga video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.