Sukses

Mau Mudik Malam Lebih Percaya Diri, Coba Pakai Lampu HID

Jika Anda ingin mudik dengan nyaman, Anda bisa melakukan modifikasi ringan yang menunjang kenyamanan dan keselamatan saat mudik, salah satunya mengganti lampu.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda ingin mudik dengan nyaman, Anda bisa melakukan modifikasi ringan yang menunjang kenyamanan dan keselamatan saat mudik, salah satunya mengganti lampu.

"Kalau untuk dari keselamatan dan kenyamanan mudik, mereka biasanya kan jalan siang dan malam hari. Dari faktor pencahayaan, sama visual (water spot atau jamur dibersihkan), kaca film jangan terlalu gelap. Dan yang penting adalah pencahayaan. Kalau merasa gelap, sebaiknya ganti ke halogen sesuai fungsi, HID, atau ke lensa, " ungkap Yoong dari Yoong Motor saat buka bersama IMX 2019 bersama media, di Jakarta, kemarin (25/05/2019).

Menurut Yoong, mobil-mobil terbaru sudah mengadopsi sistem projector LED. Sistem ini terang di negara maju, karena jalanan yang dicor. Karakter warna jalan tidak berubah meski terkena hujan atau cerah. Kalau di Indonesia didominasi oleh aspal yang berwarna gelap, dan semakin gelap saat hujan. 

"Nah untuk lampu kita sarankan HID dengan pilihan warna putih agak kecoklatan di 4300 kelvin, sekarang ada warna baru 5500 kelvin putih kemerahan, itu masih aman. Karena jalan kita masih oke, dan HID sinarnya paling powerful," ungkap Yoong.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biaya

Untuk masalah biaya, untuk menggunakan HID membutuhkan biaya setidaknya Rp1,5 juta. Namun, yang perlu diperhatikan adalah karakter reflektor lampu bawaan setiap mobil berbeda. Jika salah pengaturan, bisa-bisa membuat pengendara dari arah berlawanan terganggu dengan cahaya lampu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.