Sukses

Usir Bau Mulut di Bulan Puasa dengan Membersihkan Lidah

Selain menggosok gigi sehabis sahur, jangan lupa membersihkan lidah untuk menghalau bau mulut selama Ramadan

Liputan6.com, Jakarta Selain menggosok gigi pagi dan malam, jangan lupa untuk rutin membersihkan lidah guna mencegah bau mulut atau halitosis. Tak sulit kok caranya.

Cukup kerik lidah dengan alat pembersih dari bagian paling belakang ke depan. Ulangi hingga lidah terasa bersih. Pada beberapa kasus, membersihkan lidah ini bisa mengurangi bau mulut.

Dikutip dari Self, lidah dilapisi sisa makanan, bakteri, dan sel-sel mati. Dengan membersihkan lidah, bisa mengahalau si penyebab bau. Lidah yang bau dan kotor dapat disebabkan oleh rokok, mulut kering, kebersihan mulut yang buruk, infeksi ragi, atau penggunaan obat-obatan.

Untuk kasus bau mulut parah, biasanya tak akan mereda meski lidah sudah dibersihkan. Dibutuhkan pemeriksaan dokter untuk mengetahui penyebab utamanya. Bisa dari infeksi mulut atau mungkin karena gigi yang berlubang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Konsumsi Makanan Ini

Menghindari makanan tertentu bisa jadi cara menghilangkan bau mulut yang mudah. Bawang merah dan bawang putih adalah penyebab bau mulut terbesar.

Bahkan menyikat gigi setelah memakannya tidak akan membantu menghilangkan bau mulut bawang yang terkenal tak sedap. Zat penyebab bau mulut pada bawang akan masuk ke dalam aliran darah dan menuju ke paru-paru.

Sumber: Dream.co.id

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.