Sukses

Jadwal Imsak Hari Ini Sabtu 25 Mei 2019 dan Keutamaan Santap Sahur

Liputan6.com, Jakarta Jadwal imsak hari ini Sabtu 25 Mei 2019 berbeda dari satu kota dengan kota yang lainnya di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh perbedaan zona waktu yang ada di Indonesia.

Jadwal imsak hari ini Sabtu 25 Mei 2019 digunakan sebagai patokan batas makan sahur bagi umat Muslim yang akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Umumnya, waktu imsak ditentukan dari 10 menit sebelum waktu Subuh tiba.

Santap sahur saat sedang berpuasa ini dianjurkan dilakukan untuk membantu memberikan energi pada tubuh agar siap menjalankan puasa. Santap sahur dianjurkan oleh Rasulullah selama melaksanakan ibadah puasa.

Nah, agar kamu dapat memperkirakan seberapa lama kamu santap sahur hari ini, sudah sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jadwal imsak hari ini Sabtu 25 Mei 2019. Berikut jadwal imsak hari ini, Sabtu 25 Mei 2019 dilansir Liputan6.com dari laman Kementerian Agama Republik Indonesia, Sabtu (25/5/2019).

2 dari 4 halaman

Niat Puasa Ramadan

Niat menjalankan ibadah puasa bisa dilakukan saat malam hari sebelum melakukan makan sahur atau setelah makan sahur. Namun bagi sebagian orang, ada juga yang melakukan niat ibadah puasa Ramadan ini setelah salat tarawih. Berikut ini niat puasa yang sering digunakan oleh sebagian orang.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ اَدَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ هذِهِ السَّنَةِ ِللهِ تَعَالَى‎

Artinya: “Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta'ala.”Niat puasa Ramadan ini sudah dijelaskan dibeberapa hadits yang juga merupakan perintah dari Nabi Muhammad SAW. Niat puasa ini dijelaskan dalam sebuah hadits berikut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ‎

Artinya: Siapa yang belum berniat di malam hari sebelum Shubuh, maka tidak ada puasa untuknya. (HR. An Nasai no. 2333, Ibnu Majah no. 1700 dan Abu Daud no. 2454. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini dho’if. Syaikh Al Albani menshahihkan hadits ini).

3 dari 4 halaman

Jadwal Imsak Hari Ini Sabtu 25 Mei 2019

Berikut jadwal imsak hari ini Sabtu 25 Mei 2019, 20 Ramadan 1440 H di kota-kota besar Indonesia:

Jakarta: 04.26 WIB

Bandung: 04.24 WIB

Surabaya: 04.04 WIB

Yogyakarta: 04.14 WIB

Solo: 04.12 WIB

Aceh: 04.53 WIB

Padang: 04.44 WIB

Jambi: 04.32 WIB

Medan: 04.43 WIB

Palembang: 04.29 WIB

Pontianak: 04.06 WIB

Samarinda: 04.36 WITA

Denpasar: 04.56 WITA

Makassar: 04.34 WITA

Ambon: 04.57 WIT

Bima: 04.41 WITA

Kupang: 04.24 WITA

Jayapura: 04.05 WIT

4 dari 4 halaman

Keutamaan Santap Sahur Menurut Rasulullah

Wujud Ketaatan Umat kepada Allah SWT

Menurut Rasulullah, sahur merupakan wujud ketaatan kita kepada Yang Maha Kuasa. Hal ini bahkan tertuang dalam Al-Quran Surat Al-Baqarah ayah 187 yang memiliki arti: “Makanlah dan minumlah kalian sampai tampak jelas bagi kalian benang putih dari benang hitam, yaitu fajar.”

Ayat ini secara tidak langsung menganjurkan kita semua untuk makan sebelum berpuasa. Jika telah tertulis demikian di dalam Alquran, artinya sahur bukanlah hal yang bisa kita sepelekan. Meski bukan merupakan ibadah, namun sahur memberikan suatu keutamaan bagi kita untuk menjalankan ibadah selama sehari penuh.

Membedakan dengan Umat Lain

Salah satu berkah sahur di bulan Ramadan yang tak kalah penting adalah sebagai pembeda dengan puasa yang dilakukan oleh umat Yahudi dan Nasrani.

Dari ‘Amr bin Al ‘Ash, Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya:

“Perbedaan antara puasa kita dan puasa Ahli Kitab (Yahudi dan Nashrani) adalah makan sahur.” (HR. Muslim no. 1096).

Hendaknya kamu makan sahur dengan sederhana dan tidak berlebihan. Hindari mengonsumsi makanan pedas dan minuman dingin. Perbanyak sayur dan buah-buahan. Selain itu, demi kesehatan, setelah sahur sebaiknya tidak langsung tidur. Karena kebiasaan tidur setelah makan dapat membahayakan sistem pencernaan. Posisi berbaring dapat membuat makanan yang baru saja masuk ke lambung berbalik arah menuju atas, yang nantinya dapat menyebabkan asam lambung.

Bangun Pagi Sehingga Bisa Melaksanakan Tahajud

Biasanya kamu makan sahur sekitar jam tiga pagi. Waktu ini merupakan sepertiga malam terakhir yang sangat baik untuk melaksanakan salat Tahajjud. Dengan bangun untuk sahur, kamu bisa menjalankan ibadah sunah ini terlebih dahulu. Setelah itu dilanjutkan dengan makan sahur dan menunggu waktu subuh.

Loading
Artikel Selanjutnya
Mobil Baru Bisa Dipakai Lebaran 2019, Ini Syaratnya
Artikel Selanjutnya
Jenazah Ustaz Arifin Ilham Senyum dan Harum, Insya Allah Khusnul Khotimah